Tjahjo Kumolo

Mendagri Tjahjo Berkomitmen Lindungi Hak Masyarakat Adat

tjk3JAKARTA – Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo tegaskan komitmen pemerintah untuk melindungi dan mendukung hak masyarakat adat di Indonesia. Pemerintah perlu memberikan perhatian khusus pada hak-hak masyarakat asli suatu wilayah. Hal tersebut menunjukkan bahwa masyarakat adat, selain memiliki hak, juga kewajiban mengelola hukum adat?, sosial, budaya dan ekonomi mereka.
Nah, melihat pengaturan yang cukup kompleks itu menurut Tjahjo memerlukan pengaturan yang jelas. Terlebih jika dikaitkan dengan hak kewilayahan pada masyarakat hukum adat. Hampir seluruh aspek yang menyangkut pemetaan wilayah antara ?masyarakat hukum adat dan masyarakat desa sangat dekat dengan konflik.
Pemerintah, melalui Kementerian Dalam Negeri, akan hadir di tengah-tengah untuk mengantisipasi dan mengawal proses tersebut. “Sehingga pemberdayaan masyarakat dan budayanya dalam memajukan kearifan lokal dapat terlaksana dengan baik,” kata Tjahjo di Sorong, Selasa (17/3).?
Dalam rangka itu pula, lanjut Tjahjo, pemerintah akan mengupayakan perlindungan masyarakat hukum adat, dengan memperhatikan berbagai aspek. Pemerintah Pusat juga akan bekerjasama dengan pemerintah daerah guna mempetakan dan menginventarisasi masyarakat hukum adat yang ada di Tanah Air.
“Prioritas utamanya adalah memberi penguatan dalam bentuk payung hukum bagi keberadaan Kesatuan Masyarakat Hukum Adat Nusantara dan lembaga-lembaga adat lainnya,” tukas Tjahjo. (adn)

Sumber: indopos.com, Selasa, 17 Maret 2015 – 14:45

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.