Tjahjo Kumolo

Mendagri pastikan dana bantuan sosial masih ada

69fbd663-442a-4e6a-a65c-415c4969038a_43

Agam, Sumbar (ANTARA News) – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memastikan pemerintah tidak menghapuskan semua dana bantuan sosial dan keberadaannya masih dipertahankan karena dibutuhkan oleh masyarakat.

 

“Dana bantuan sosial masih ada, tetapi penyalurannya tidak melalui 17 kementerian dan akan dipersempit agar lebih tepat sasaran kepada masyarakat yang membutuhkan,” kata Tjahjo di Agam, Sumatera Barat, Sabtu.

 

Ia menyampaikan hal itu usai memberikan ceramah umum kepada civitas akademika Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) kampus Sumatera Barat yang berlokasi di Baso Kabupaten Agam.

 

Tjahjo mengatakan berdasarkan evaluasi selama ini penyaluran dana bantuan sosial pada 17 kementerian, ada yang mekanismenya bagus dan ada yang tidak.

 

“Selain itu juga ditemukan ada yang penerimanya itu itu saja sementara pertanggungjawabannya tidak benar,” kata dia.

 

Oleh sebab itu saat ini sedang dilakukan pendataan dan anggaran untuk dana bantuan sosial yang disetujui Kementerian Dalam Negeri adalah yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat, katanya.

 

Menurutnya kalau semua kementerian dan pemerintah daerah membuat aturan dan menyalurkan dana bantuan sosial sendiri akan repot karena selain tidak merata juga dikhawatirkan tidak tepat sasaran.

 

Selain itu, Kementerian Dalam Negeri juga akan mengatur penggunaan dana hibah oleh pemerintah daerah agar dapat digunakan dengan baik.

 

“Jangan sampai karena penyalahgunaan dana hibah bisa terjerat kasus hukum, oleh sebab itu harus dilihat apa urgensinya,” kata Tjahjo.

 

Sumber: antaranews.com

 

 

 

 

 

One Response to Mendagri pastikan dana bantuan sosial masih ada

  1. Saya sangat setuju dengan selektifitas Bantuan Sosial dan pembatasan pelaksanaan bantuan sosial ini Pak Menteri .. Semoga selektifitas penerima manfaat yang beresiko sosial dan penerima manfaat dilindungi oleh peraturan perundang-undangan yang ada.. perlu dilakukan pembatasan kedepan. Bantuan Sosial kiranya dapat merubah prilaku individu, keluarga dan penerima manfaat lainnya secara terukur … demikian pula dengan bantuan hibah ,boleh aja dianggarkan di APBD ,tetapi benar-benar untuk menunjang pelaksanaan pembangunan daerah dalam mewujudkan percepatan RPJMD daerah yang ada… terima kasih Pak Menteri. Suryanto.MP/ Relawan Sosial Kota Bukittinggi

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.