Tjahjo Kumolo

Travel Warning, Mendagri Perintahkan Gubernur Tingkatkan Kewaspadaan

tjahjo kumoloBisnis.com, JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri meminta seluruh gubernur di Indonesia meningkatkan kewaspadaan terhadap situasi yang berkembang di daerahnya untuk mencegah dikeluarkannya travel warning dari negara lain.

Tjahjo Kumolo, Menteri Dalam Negeri, mengatakan sudah mengeluarkan surat kepada seluruh gubernur untuk mengantisipasi dikeluarkannya travel warning dari negara lain. Gubernur harus lebih mencermati dinamika dan gerakan tidak terduga yang dapat berakibat terganggunya stabilitas keamanan dan ketertiban.

“Travel warning itu kan merugikan daerahnya, karena menghambat investasi dan pendapatan dari sektor pariwisata. Makanya hal seperti itu harus diantisipasi sejak awal,” katanya di Jakarta, Kamis (8/1/2014).

Tjahjo menuturkan gubernur juga harus lebih mencermati pendapat dan opini yang dapat mengganggu stabilitas daerah dan nasional di daerahnya. Untuk itu, seluruh kepala daerah harus lebih mengintensifkan rapat dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dalam menyikapi setiap dinamika yang terjadi.

Menurutnya, Kementerian Dalam Negeri juga telah menginstruksikan seluruh jajaran Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) di daerah untuk lebih aktif memonitor perkembangan organisasi terlarang di dalam negeri.

“Jangan sampai ada lagi kejadian seperti di Sulawesi Tengah. Berkembangnya ISIS di daerah tersebut merupakan kelengahan yang tidak boleh terulang,” ujarnya.

Seperti diketahui, Amerika Serikat sebelumnya mengeluarkan travel warning bagi warga negaranya yang berada dan ingin berpergian ke Surabaya. Selain itu, Australia juga mengeluarkan travel warning kepada warga negaranya yang berada dan akan berpergian ke Bali.

Sumber: bisnis.com, Kamis, 08/01/2015 17:43 WIB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *