Tjahjo Kumolo

Tjahjo Tolak Tawaran Jadi Cagub dan Caleg, Fokus Bantu Presiden

Jakarta – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengungkapkan kisah menarik seputar tawaran mengikuti Pilkada serentak 2018. Hal itu disampaikannya saat memberi sambutan di acara Rapat Koordinasi Bantuan Sosial Pangan yang digelar Aula Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta, Kamis (4/1/2018).

Pada acara yang juga dihadiri oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa itu Tjahjo mengaku dirinya sempat ditawari untuk ‘pulang kampung’ ke Jawa Tengah. Ia sempat diminta untuk maju dalam pemilihan gubernur di provinsi tersebut.

“Itu pilihan politik. Kalau saya sudah tidak. Kemarin ditawari. Mau pulang kampung enggak, Mendagri? Maksudnya pulang kampung apa? Mau nyalon gubernur Jateng, enggak? Waduh enggak,” kata Tjahjo, dikutip dari laman Kemendagri, Jumat (5/1/2018).

Seperti diketahui, Tjahjo sendiri adalah putra asli Jawa Tengah. Ia lahir di Solo dan besar di Semarang. Bahkan karir politiknya, ia bangun di Jawa Tengah lewat organisasi Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI). Di organisasi kepemudaan terbesar di Indonesia itu, Tjahjo sempat jadi Sekjen dan Ketua Umum.

Tidak hanya itu, Tjahjo juga lolos ke Senayan sampai enam periode lewat daerah pemilihan di Jawa Tengah.

Laksanakan mandat Presiden Jokowi
Selain ditawari untuk maju ke PIlkada, ternyata Tjahjo juga ditawari untuk maju lagi sebagai anggota DPR di pemilihan legislatif 2019. Lagi-lagi, tawaran ini ditolaknya. Ia menegaskan, tidak akan maju lagi sebagai calon legislator, apalagi maju sebagai calon kepala daerah.

“Mau nyalon DPR lagi enggak? Enggak. Saya sudah memecahkan rekor MURI. Sudah 30 tahun jadi anggota DPR,” kata Tjahjo.

Sekarang, fokusnya menyelesaikan mandat yang diberikan Presiden Jokowi. Kepala negara telah menunjuknya sebagai Mendagri.

Jadi, selama Presiden mempercayainya, ia akan melaksanakan tugasnya sampai selesai nanti. Tidak tertarik berhenti di tengah jalan, hanya karena ingin maju dalam kontestasi politik. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *