Tjahjo Kumolo

Tjahjo: Pemangkasan Eselon Tidak Kurangi Gaji dan Tunjangan

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo dalam pengarahannya pada acara penilaian Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dan Reformasi Birokrasi (RB) Pemda DIY dan Pemkab/Kota se-DIY di Gedong Pracimosono, Kepatihan, Yogyakarta, Senin, 4 November 2019. ( Foto: Suara Pembaruan/Fuska Sani )

Jakarta – Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB) Tjahjo Kumolo menargetkan konsep dasar pemangkasan pejabat eselon akan selesai dalam waktu enam bulan ke depan. Setelah itu, akan diserahkan ke tiap kementerian dan lembaga untuk melakukan pemangkasan pejabat eselon.

“Mudah-mudahan timeline yang kita persiapkan selama enam bulan ini akan bisa terjawab dengan baik,” kata Tjahjo dalam acara Penyampaian Hasil Evaluasi dan Penghargaan Pelayanan Publik di Wilayah III, di Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Menurutnya eselon yang dipangkas atau dihilangkan dari III, IV dan V. Mereka akan dikembalikan ke pejabat fungsional.
Dia menjamin pemangkasan tidak akan mengurangi jumlah gaji dan tunjangan serta berbagai fasilitas yang diterima selama ini.

“Semua akan sama. Ini hanya mengembalikan mereka ke pejabat fungsional,” tegas Tjahjo.

Ia mengaku telah mengumpulkan seluruh pejabat di kementeriannya untuk membahas perintah Presiden Joko Widodo terkait pemangkasan jabatan eslon. Pihaknya sangat hati-hati, detail dan teliti dalam merumuskan kebijakan tersebut agar tidak menghambat program pemerintah.

“Intinya tetap pertimbangkan berbagai aspek seperti merit sitem dan aspek kehati-hatian. Jangan sampai menghambat pembinaan dan pelaksana program. Termasuk siapa yang bertanggung jawab atas setiap program,” jelas Tjahjo yang juga politisi senior PDIP. (Beritasatu.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.