Tjahjo Kumolo

Tjahjo Minta Penanganan TKI Mesti Komprehensif

WartaNews-Jakarta – Sekretaris Jendral Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Tjahjo Kumolo meminta pemerintah harus segera mengambil langkah komprehensif terkait kasus penembakan empat orang WNI di Malaysia.

Tjahjo mengatakan, langkah proaktif pemerintah diperlukan guna memberi rasa aman pada para pekerja Indonesia di luar negeri.

“Pemerintah harus melakukan pembelaan WNI di Malaysia. Karena frequensinya semakin meningkat,” kata Tjahjo dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan, Jumat (14/9).

Menurut dirinya, meski Malaysia dan Indonesia sama-sama bergabung di daam ASEAN, namun itu bukan penghalang bagi Indonesia untuk mengambil tindakan tegas ke Malaysia. Sebab, kata dia, persoalan TKI, sejatinya juga menyangkut persoalan martabat bangsa. Kehormatan dan harga diri.

“Jangan terkendala solodaritas ASEAN ini menyangkut warga negara RI kehormatan dan harga diri NKRI,” kata dia.

Personil komisi I DPR RI itu mengatakan, saat ini jumlah TKI Indonesia di luar negeri, baik yang bekerja melalui prosedur maupun nonprosedur berjumlah sekitar 6,5 juta orang. Melihat jumlahnya yang besar, lanjutnya, penanganan TKI semestinya tidak bersifat kasuistik. Dirinya menyatakan perlunya keseriusan terkait moratorium pengiriman TKI di negara-negara bermasalah. Memberikan advokasi dan mempercepat MoU perlindungan pada negara-negara penerima TKI.

Harus ada upaya terpadu antara pemerintah dan intelejen agar nasib dan nyawa TKI tidak terus menjadi korban. Sebab, kata dia, penanganan TKI di luar negeri tidak bisa dilakukan sendiri oleh pemerintah.

“Keselamatan warga negara kita harus dijamin pemerintah,” tandasnya. (ipk)

Sumber: wartanews.com, Jumat, 14 September 2012 13:02 WIB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *