Tjahjo Kumolo

Tjahjo Kumolo Tegaskan tak Ada Perjanjian PDIP-Gerindra di 2009

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Tjahjo Kumolo, secara tegas membantah isu yang menyebut ada kesepakatan antara PDIP dan Gerindra pada Pemilu 2009 yang menyatakan PDI Perjuangan akan mendukung Gerindra pada Pemilu 2014.
“Saya kok gak tau ya? Karena saya 5 tahun yang lalu sudah ketua DPP bidang politik tapi tidak tahu ada perjanjian itu,” ujar Tjahjo di Kantor DPP PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (4/9/2013).
Menurut Tjahjo, koalisi yang terjadi antara PDIP dan Gerindra pada pemilu 2009 disebabkan oleh perolehan suara kedua partai yang tidak mencukupi untuk mengusung calon presiden sendiri.
“Hanya perjanjiannya karena suara PDIP dan Gerindra kurang maka bersepakat untuk berkoalisi menetapkan Ibu Mega dan Pak Prabowo untuk Pilpres tahun 2009-2014, setahu saya itu saja,” katanya.
Pernyataan Tjahjo terkait ucapan Wakil Ketua Umum Gerindra, Fadli Zon, yang disebutkan sempat meminta PDIP mendukung Ketua Dewan Pembina Gerindra Prabowo Subianto sebagai capres. Ia menilai hal itu merupakan bentuk kompensasi dukungan Gerindra terhadap pencapresan Megawati pada pemilihan presiden (Pilpres) 2009.

Sumber: tribunnews.com, Rabu, 4 September 2013 19:40 WIB

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.