Tjahjo Kumolo

Tjahjo Kumolo: STMJ, Saya Tetap Milih Jokowi

Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo sempat mengajak seluruh peserta Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Program Pembinaan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Pusat dan Daerah Tahun 2018 di Jakarta, Senin (14/5), meneriakkan yel-yel “Desa Maju, Mandiri dan Sejahtera”. Selain itu, Tjahjo menyerukan nama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan langsung dijawab “maju” oleh peserta.

Tjahjo menegaskan, ajakan tersebut tak berarti dirinya mengkampanyekan Jokowi. “’Bapak Jokowi (dijawab) maju’, kan bukan kampanye. Kalau yel-yel ‘Pak Jokowi maju lagi atau lanjut lagi’, itu baru (kampanye). Ini “maju”, kan biar dana desa maju jadi bagus,” tegas Tjahjo di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri), Jakarta, Senin (14/5).

Dia mengaku telah disindir oleh segelintir elite partai politik (parpol) setelah mengucapkan pernyataan tersebut. Dijelaskan, dirinya tidak meminta peserta memilih Jokowi dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2019. “Saya enggak sebut nama (Jokowi) pilih untuk Pilpres, enggak ada,” jelasnya.

Dia menuturkan, pada acara Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Jakarta, Minggu (13/5), dirinya memang menegaskan dukungan kepada Jokowi. “Kalau di PPP, saya sendiri “STMJ”, kan boleh. Saya jabarkan, ‘Saya STMJ atau Saya Tetap Milih Jokowi’, tapi yang penting enggak mengajak,” tuturnya.

Menurutnya, setiap Warga Negara Indonesia (WNI) berhak dan bebas berekspresi. “Masing-masing orang kan boleh, enggak bisa melarang. Semua orang punya hak, mau pakai kaos STMJ boleh,” ucapnya.

Ditambahan, dirinya tak mempersoalkan jika ada pihak tertentu yang mempolitisir sikapnya tersebut. “Enggak apa-apa ramai, ya biar saja,” tandasnya. (BeritaSatu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *