Tjahjo Kumolo

Tjahjo Kumolo Pamit sebagai Menteri Dalam Negeri

Jakarta – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo melantik Sekretaris Jenderal dan pejabat Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Kamis, 15 Agustus 2019. Usai memberi sambutan, Tjahjo memberikan ucapan perpisahan seiring akan berakhirnya masa jabatan dia sebagai Mendagri.

“Ini pamitan saya resmi. Mungkin tak bisa bertemu, bersamaan dengan berakhirnya masa tugas kabinet kerja pertama,” kata Tjahjo di atas mimbar, kepada peserta pelantikan.

Dalam pelantikan itu, hadir sejumlah pejabat dari sejumlah lembaga seperti Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), DKPP, dan internal Kemendagri sendiri. Ia juga menyebut Komisi Pemilihan Umum, meski tak nampak ada perwakilan yang hadir di sana. Tjahjo meminta maaf bila ada kekurangan atas kinerjanya selama lima tahun.

Tjahjo enggan memastikan posisinya di pemerintahan Presiden Joko Widodo di periode kedua. Jokowi kemarin telah memastikan susuan anggota kabinet baru telah ditentukan dan siap diumumkan.

Tjahjo mengatakan sebagai politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, ia hanya menjalankan perintah. “Saya berpegang prinsip pada TNI. Itu singkatan taat, turuti instruksi. Dipensiunkan siap, diberi tugas siap, tidak diberi tugas juga saya siap mendukung pemerintahan yang saya dukung ini,” kata Tjahjo.

Jokowi kemarin telah menyebut susunan kabinet untuk periode kedua telah dibentuk. Adapun komposisinya adalah 55 persen dari kalangan profesional, dan 45 persen dari partai politik. Tjahjo menrupakan bagian dari kabinet kerja periode pertama Jokowi, yang berasal dari Partai. (Tempo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.