Tjahjo Kumolo

Tjahjo Kumolo: Hukum tidak Kenal Partai Kecil atau Penguasa

JAKARTA–MICOM: Pendekatan hukum tidak mengenal partai kecil atau partai penguasa. Namun, semua bertumpu pada pembuktian.

Setidaknya, hal itulah yang disuarakan oleh Ketua Fraksi PDIP Tjahjo Kumolo, saat ditanya wartawan mengenai dugaan kasus suap Seskemenpora Wafid Muharram yang melibatkan partai penguasa.

“Kami sesama anggota DPR tetap berpegang pada asas praduga tak bersalah. Kami menyerahkan sepenuhnya pada KPK,” kata Tjahjo saat ditemui di kediaman Ketua Umum partainya, Megawati Soekarno Putri, Jakarta, Senin (9/5).

Ia juga mengungkapkan jika selama ini KPK juga sering memanggil dirinya selaku ketua fraksi untuk memberikan penjelasan mengenai struktur, mekanisme, serta langkah politik fraksinya. Jadi, menurutnya, jika memang ada dugaan keterlibatan anggota DPR yang berasal dari partai penguasa, sebaiknya dibuktikan dengan saling bekerja sama.

“Saya siap memberikan kesaksian dan dipanggil setiap hari untuk menjelaskan orang per orang. Saya kira kalau yang disebutkan namanya, ya harus dicari kalau memang menyangkut uang negara. Dicari datanya,” lanjutnya.

Ditanya kemungkinan KPK menuntaskan secara terbuka dan mendalam atas kasus dugaan suap ini, Tjahjo mengatakan masih cukup optimistis dengan lembaga antikorupsi tersebut. “Menyangkut orang, yang cukup bukti harus dilakukan pembuktian lebih lanjut. Saya masih optimistis KPK berani mengambil langkah-langkah itu,” imbuhnya.

Tapi, KPK jarang sekali berani memanggil orang-orang dari partai penguasa? “Ya kita lihat nanti. Ini kan sudah sangat terbuka, di media sudah menjadi headline. Saya kira kita lihat nantilah,” pungkasnya. (*/OL-11)

Sumber: Media Indonesia Online, Senin, 09 Mei 2011 15:09 WIB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.