Tjahjo Kumolo

Tjahjo Kumolo akan Penuhi Panggilan KPK

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri memastikan tidak akan memenuhi panggilan KPK. Alasan Megawati, dirinya dipanggil sebagai saksi meringankan atau a de charge dari dua tersangka yakni Max Moein Murod dan Poltak Sitorus.

Namun Sekjen DPP PDIP Tjahjo Kumolo yang juga dipanggil KPK, akan hadir. Tjahjo akan hadir bersama Ketua DPP PDIP Trimedya Pandjaitan. Mereka rencananya akan menemui pimpinan KPK untuk mengantarkan surat dari Megawati.

Selain mengantarkan surat, Tjahyo Kumolo juga akan memenuhi bersesdia diperiksa KPK sesuai permintaan dua tersangka kasus suap berupa travel cheque saat pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Miranda S Goeltom tahun 2004.

Demikian diputuskan dalam rapat pimpinan DPP PDIP yang dipimpin Megawati Soekarnoputri untuk membahas surat panggilan KPK terhadap Megawati, Jumat (18/2/2011).

“Mas Tjahjo (Kumolo) akan datang dan menjelaskan. Karena Mas Tjahjo sebagai pimpinan fraksi saat itu, punya tanggungjawab untuk menjelaskan permasalahan yang sebenarnya, dan mengetahui kejadian-kejadian pada waktu itu,” ujar Trimedya.

Dari informasi yang diterima Tribunnews.com, surat panggilan terhadap Mega dari KPK diterimanya, Kamis (17/02/2011). Surat berkop KPK itu bernomor SPGL/406/23/2/2011. Dalam surat itu dijelaskan Max Moein dan Poltak Sitorus meminta Megawati dan Sekjen DPP PDIP Tjahjo Kumolo sebagai saksi meringankan.

Dalam rapat diinternal PDIP, Megawati mendengarkan satu persatu argumentasi dari pimpinan DPP PDI-P atas surat yang diterimanya. Sebanyak 30 pengacara PDI-P ikut dalam rapat tersebut.

“Bagaimana saya mau bantu orang itu (Max Moein dan Poltak Sitorus). Giliran senang nggak bilang-bilang? Giliran susah malah minta dibantu,” kata Trimedya menirukan perkataan Megawati dalam rapat yang berlangsung secara maraton tersebut.

Sumber: Tribunnews.com – Jumat, 18 Februari 2011 22:43 WIB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.