Tjahjo Kumolo

Tjahjo Harap Presiden Bertemu Raja Arab

Jakarta: Sekjen PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo berharap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bertemu Raja Arab Saudi untuk menyelesaikan persoalan TKI, khusus TKI yang terkenan vonis hukuman mati.

“Saya minta kepada Presiden SBY agar bertemu dengan Raja Arab untuk membicarakan masalah ini. Sebagai pimpinan negara yang mayoritas beragama Islam dan Arab pun sama. Saya kira mudah-mudahan akan bisa,” kata Tjahjo di sela-sela pembukaan Pelatihan Pemantapan Wawasan Kebangsaan, di Kantor DPP PDIP Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (30/6).

Hal itu, lanjut Tjahjo, pernah dilakukan Almarhum Abdurrahman Wahid saat menjadi Presiden. Menurut dia, upaya pemerintah selama ini dengan mengirimkan nota melalui Kemlu RI kepada Pemerintah Arab Saudi, tidak efektif karena berdasarkan pengalaman sebelumnya jarang berhasil.

“Kalau kita melakukan negosiasi langsung, meski kita membayar seperti TKI Darsem kan juga bisa. TKI kita membunuh pasti ada sebabnya, apakah itu diancam atau diperkosa,” ujarnya.

Terkait adanya wacana permintaan, agar pemerintah Indonesia menutup diplomasi dengan negara Arab. Menurut dia pihaknya tidak setuju, karena hal itu bukan penyelesaian yang baik.

“Saya kira itu bukan penyelesaian yang baik. Tapi Harus ada upaya dari pemerintah, yakni moratorium,” ujarnya.

Tjahjo mengatakan pemerintah harus menstop pengiriman TKI yang tidak memiliki keahlian untuk bekerja di luar negeri. Pemerintah juga harus menyediakan lapangan kerja dengan upah yang layak.

“Di negara kita hanya Rp500 ribu tapi di negara lain bisa Rp 5 juta. Cukup timpal. Saya kira keuangan negara cukup kok,” kata Tjahjo.

Sumber: Metrotvnews.com, Kamis, 30 Juni 2011 17:36 WIB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.