Tjahjo Kumolo

Tidak Ada Masalah Dengan Dinasti Politik

Terkait Politik dinasti yang masih saja dipolemikkan. Terkait hal ini sudah ada keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang final mengikat.

Dinasti politik jangan selalu diartikan negatif. Harus dilihat kasus per kasus. Kalau ada yang terindikasi korupsi atau tindak pidana, apapun, siapapun dalam institusi apapun, menurut saya dinasti jangan dijadikan kambing hitam. Orang korupsi atau berbuat melawan hokum, apapun tidak ada kaitannya sama dinasti. Kalaupun ada kebetulan kasus perkasus, itu perilaku masing-masing.

Ada parpol dan ada beberapa negara yang kepemimpinannya dikaitkan dengan dinasti, berjalan baik-baik saja, tidak masalah. Jadi semua harus dilihat kasus perkasus, perilaku orang per orang.

Kalau dulu dalam pembahasan UU ada pasal soal pembatasan, masih wajar dalam konteks kepala daerah, dimana seseorang jadi kepala daerah-kemudian diteruskan anak/istri melalui proses pilkada serentak perlu diatur jeda waktu satu periode. Tapi hak politik seseorang yang dewasa jadi pertimbangan MK untuk kemudian membatalkan soal pembatasan tersebut, karena karier politik seseorang WNI jangan dikaitkan anak siapa, istri siapa, suami siapa, adik kakak siapa. Semua asal prosesnya demokratis, tidak masalah.

Demikian. Terimakasih.
Tjahjo Kumolo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *