Tjahjo Kumolo

Terkait Bom Surabaya, Mendagri: Kita Harus Tentukan, Siapa Kawan, Siapa Lawan

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta seluruh elemen bangsa berani tentukan sikap, siapa kawan, siapa lawan.

Mendagri Tjahjo mengatakan itu menyusul aksi terorisme bom bunuh diri di tiga gereja di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (13/4/2018) tadi pagi.

“Kita harus berani menentukan sikap, siapa kawan dan lawan pada perorangan atau kelompok golongan yang ingin mengacaukan NKRI, serta memecah belah dan mengganti Pancasila,” tegas dia.

Mantan Sekjen PDI Perjuangan itu pun menyebut tantangan besar bangsa kedepan adalah radikalisme. Sebab, itulah yang selama ini menjadi akar masalah dari berbagai aksi terorisme di berbagai daerah Indonesia.

“Negara tidak boleh kalah atas siapapun perorangan atau kelompok yang ingin melawan keutuhan bangsa ini. Ini tantangan,” imbuh dia.

Agar insiden bom Surabaya tidak lagi terulang di daerah lain, Mendagri Tjahjo meminta seluruh elemen bangsa ikut berperan aktif melakukan diteksi dini, baik pemerintah (pusat/daerah), tokoh agama, tokoh masyarakat, Ormas hingga masyarakat di desa.

“Dan (saya minta) kepala daerah dan DPRD dalam mengambil kebijakan harus melibatkan tokoh masyarakat dan tokoh agama di daerah masing-masing,” kata Mendagri Tjahjo. (TimesIndonesia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *