Tjahjo Kumolo

Sosialisasi Permendagri Tentang SIPD, Catatan Mendagri

CATATAN MENTERI DALAM NEGERI
PADA ACARA
SOSIALISASI PERMENDAGRI NOMOR 70 TAHUN 2019
Tentang SISTEM INFORMASI PEMERINTAHAN DAERAH (SIPD)
JAKARTA, 15 OKTOBER 2019

1. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, secara tegas disebutkan bahwa pembangunan daerah merupakan satu kesatuan dan bagian integral dari pembangunan nasional. Hal ini artinya, pembangunan daerah selain ditujukan untuk memenuhi prioritas daerah dari visi dan misi kepala daerah, pembangunan daerah juga ditujukan untuk berkontribusi pada pencapaian tujuan pembangunan nasional

2. Sebagaimana amanat Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) disebutkan bahwa, Penyelenggaraan Pemerintahan berbasis elektronik yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi perlu diterapkan sebagai bentuk dukungan dalam rangka pengembangan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, Peraturan Presiden Nomor 54 tahun 2018 tentang Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) meminta integrasi antara perencanaan dan penganggaran daerah dalam rangka efisiensi dan efektifitas tata kelola pemerintahan.

3. Beberapa regulasi terkait landasan pelaksanaan SPBE juga sudah diterbitkan, Perpres Nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, serta aturan kebijakan yang diterbitkan oleh Kemendagri seperti PP Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah bertujuan yang sama yaitu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Kerangka utama kebijakan ini antara lain dimaksudkan untuk:

a. Untuk memberikan kemudahan penyampaian informasi pemerintahan daerah kepada masyarakat, serta
b. Untuk mengatur keterhubungan informasi pemerintahan daerah dalam satu sistem yang terhubung.

Seluruh kerangka utama tersebut disusun dengan tujuan untuk:
a. Mendukung percepatan tujuan pembangunan daerah, yaitu terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan, pemberdayaan, dan peran serta masyarakat, serta peningkatan daya saing daerah dengan memperhatikan prinsip demokrasi, pemerataan, keadilan, dan kekhasan suatu daerah dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta
b. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan daerah dengan memperhatikan aspek-aspek hubungan antara Pemerintah Pusat dengan daerah dan antardaerah, potensi dan keanekaragaman daerah, serta peluang dan tantangan persaingan global dalam kesatuan sistem penyelenggaraan pemerintahan negara.

Kesempatan ini Kemendagri akan melakukan launching sistem informasi yang terintegrasi antara informasi perencanaan pembangunan dan informasi keuangan daerah, serta informasi pemerintahan daerah lainnya, atau yang disebut Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD). Integrasi ini sangatlah penting dalam rangka sinkronisasi dan harmonisasi rencana pembangunan dan keuangan daerah, yang nantinya menjadi acuan dalam menentukan arah kebijakan pembangunan di daerah. Hal ini juga merupakan salah satu upaya untuk mendorong terwujudnya pencapaian tujuan pembangunan daerah sebagai bagian integral tujuan pembangunan nasional.

4. Berkenaan dengan hal tersebut, berdasarkan Perpres 11 Tahun 2015 tentang Kementerian Dalam Negeri, dimana Kemendagri mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan dalam negeri untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara. Maka, saya meminta kepada seluruh Daerah agar:
a. Menyiapkan langkah-langkah dalam mendorong percepatan implementasi Permendagri yang telah diterbitkan, serta
b. Secara tertib dan tepat waktu, segera menggunakan aplikasi SIPD sebagai platform dalam menyampaikan dokumen perencanaan pembangunan dan keuangan daerah berbasis elektronik.

Pembangunan yang mensejahterakan adalah pembangunan yang dimulai dari perencanaan yang tepat sasaran. Kementerian Dalam Negeri membutuhkan komitmen dari seluruh pihak dalam penerapan SIPD sebagai upaya mewujudkan rencana pembangunan daerah yang berkualitas.

TJAHJO KUMOLO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.