Tjahjo Kumolo

Sambutan Mendagri di WISUDA STIA-STT-STIA Univ Pelita Bangsa

POIN Sambutan Mendagri :
WISUDA STIA-STT-STIA Univ Pelita Bangsa
Tentang
MEMPERKUAT JATIDIRI GENERASI UNGGUL
DI ERA GLOBALISASI BAGI NKRI JAYA

Cikarang Pusat, 15 November 2017

A. GENERASI UNGGUL
1. Generasi unggul merupakan generasi yang cerdas, memiliki jati diri, kemandirian, ketangguhan dan cinta kasih yang menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan nilai-nilai kemanusiaan.
2. Perkembangan tekhnologi dan informasi saat ini menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi kita.
3. Jika kita lengah, maka kita akan kalah menghadapi perkembangan dunia. Jika kita tekun dan waspada, maka kita akan menjadi bangsa pemenang.

B. CAPAIAN PEMERINTAH UNTUK GENERASI UNGGUL
1. Salah satu Agenda Prioritas Nawacita yaitu Meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia. Tak
2. Pemerintah telah berupaya keras untuk meningkatkan Kualitas Hidup Manusia diukur berdasarkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) menunjukkan tren meningkat. Pada tahun 2014 Target IPM 73,8 dengan realisasi 68,9, pada Tahun 2015 Target IPM 74,8 dengan realisasi 69,55%, dan pada Tahun 2016 Target IPM 75,3 dengan realisasi 70,19%.
3. Menurunkan angka putus sekolah serta meningkatkan akses dan kualitas pendidikan..
4. Memberikan bantuan sosial bagi masyarakat melalui Pemegang Kartu Keluarga Sejahtera, dengan anggaran sebesar 12,8 triliun, telah mencapai sebesar 5,9 Juta Keluarga dari target 6 Juta Keluarga.
5. Memberikan kepada Pemegang Kartu Indonesia Sehat yang sampai saat ini telah mengucurkan anggaran sebesar 25,5 triliun, dan telah dinikmati oleh 92,2 Juta Orang dari target 92,4 Juta Orang.
6. Meningkatkan kebutuhan pendidikan masyarakat dengan program Kartu Indonesia Pintar yang telah mengucurkan anggaran sebesar 12,5 triliun. Saat ini telah dinikmati oleh sebesar 8 Juta Siswa dari target 18,9 Juta Siswa.
7. Pertumbuhan Ekonomi, yang Stabil Pada Tahun 2014 sebesar 5,02 %, Pada Tahun 2015 sebesar 5,04 %, Pada Tahun 2016 sebesar 5,02% dan Pada Semester I 2017 sebesar 5,01%

ARAHAN
1. Untuk itu stimulan pembangunan kualitas generasi unggul yang telah dilakukan oleh Pemerintah ini, harus lah diiring pula oleh langkah dan dukungan yang kuat dari seleruh elemen masyarakat, baik dari Perguruan Tinggi, media massa, organisasi kepemudaan dan organisasi keagamaan untuk terus memicu semangat generasi muda menjadi generasi yang unggul dan berkarakter.
2. Kita kobarkan gerakan untuk bekerja keras ke segenap lingkungan kita. Dari diri kita sendiri harus mampu memberikan teladan kepada orang lain untuk hidup dengan ketekunan, menjauhi kemalasan, hidup dengan kerendahan hati, lemah lembut, sabar dan sederhana, dan menjauhi kesombongan yang tak bermakna apa pun.

MENTERI DALAM NEGERI,
TJAHJO KUMOLO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *