Tjahjo Kumolo

PILGUB JATENG: Dijagokan Jadi Cagub, Tjahjo Kumolo Pilih Konsentrasi di Partai

SEMARANG – Nama politisi PDIP, Tjahjo Kumolo, mulai disuarakan sebagai bakal calon gubernur dalam Pilkada Jateng yang akan datang. Namun Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP itu mengatakan akan berkonsentrasi melaksanakan tugas di partai.

”Saya memilih konsentrasi untuk partai menjalankan amanah dari Ibu Megawati yang diberikan kepada saya selama lima tahun,” katanya kepada wartawan di Semarang, Senin (23/4/2012). Pernyataan Tjahjo ini menanggapi adanya dukungan dari kader PKS Jateng yang mencalonkan dirinya sebagai calon gubernur (Cagub) pada pemilihan kepala daerah (pilkada) Jateng 2013. Seperti diberitakan dari hasil penjaringan bakal Cagub yang dilakukan internal kader PKS, nama politisi PDIP asal Jateng, Tjahjo Kumolo masuk salah satu bakal Cagub di samping nama lain, Gubernur Jateng Bibit Waluyo, Wakil Gubernur (Wagub) Jateng, Rustriningsih.

Sebelumnya Paguyuban Pedagang Mie dan Bakso yang diketuai Sumaryoto juga mengusulkan nama Tjahjo sebagai Cagub pada Pilkada Jateng 2013. Menanggapi dukungan ini, Tjahjo menyampaikan terima kasih kepada masyarakat, dirinya tetap memilih berkonsentrasi menjalankan tugas partai sebagai amanah Kongres PDIP di Bali tahun 2005. ”Saya mengucapakan terima kasih adanya dukungan dari masyarakat sebagai Cagub Jateng,” tandasnya.

Mengenai bakal Cagub pada Pilkada Jateng 2013, Tjahjo, mengatakan masih melihat kinerja dari Gubernur Bibit Waluyo dan Wakil Gubernur, Rustriningsih. Bila kinerja pasangan Bibit-Rustriningsih yang diusung PDIP pada Pilkada 2008 itu menunjukkan hasil bagus bagi masyarakat Jateng, akan dipertimbangkan mendukung mereka. PIDP, lanjut ia, nantinya akan melakukan evaluasi terhadap kinerja pasangan Bibit-Rustriningsih dalam kurun lima tahun memimpin Jateng 2008-2013. ”Kalau kinerjanya bagus untuk masyarakat Jateng, PDIP pasti akan pertimbangkan mendukung lagi bagi pasangan Bibit-Rustriningsih pada Pilkada Jateng 2013,” ujarnya.

Saat ditanya kalau pasangan Bibit Waluyo-Rustringsih sudah tak harmonis lagi, Tjahjo menyatakan bahwa PDIP bukan otomatis mendukung dua orang tersebut, bisa salah satu. ”Kami mempertimbangkan survei beserta keputusan politik dalam merekomendasikan Cagub Jateng mendatang,” pungkasnya.

Sumber: solopos, Senin, 23/4/2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.