Tjahjo Kumolo

Pesan Mendagri Tjahjo Kumolo di HUT DKI Jakarta

Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengimbau, agar Pemprov DKI Jakarta dapat meningkatan pelayanan kepada masyarakat secara tak terbatas di HUT ke-492 Kota Jakarta.

Sebab, kata dia masyarakat yang tinggal di Ibu Kota bukanlah yang memiliki KTP Jakarta saja.

“Tapi seluruh masyarakat Indonesia juga dari mancanegara, juga punya hak untuk bisa beraktivitas di Jakarta,” kata Tjahjo di gedung DPRD DKI Jakarta, Sabtu (22/6/2019).

Selain itu, Tjahjo juga mengingatkan Pemprov DKI Jakarta dan DPRD agar menghindari area rawan korupsi dalam penyusunan rancangan APBD 2020.

Rawan korupsi yang dimaksud Tjahjo yakni, perencanaan dana anggaran, jual beli jabatan, pengadaan barang dan jasa serta penerimaan daerah.

“Khususnya yang menyangkut perencanaan anggaran, dana hibah, dan dana bansos (bantuan sosial),” ucapnya.

Selain itu, dia meminta dalam penggunaan APBD dapat difokuskan dalam kegiatan yang bermanfaat dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), pelayanan publik, dan pertumbuhan ekonomi.

Sebab, pada 2018 lalu, sisa lebih pembiayaan anggaran tahun berkenaan (SILPA) APBD DKI mencapai Rp 2 triliun.

“Saya kira antara perencanaan antara penanggaran memastikan program dan fungsi pengawasan DPRD harus jalan. Saya yakin akan bisa memaksimalkan tahun anggaran di 2020 khususnya diawali dari penyerpaan anggaran 2019,” jelas Tjahjo. (Liputan6)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.