Tjahjo Kumolo

Perlu Diluruskan, Mendagri Tak Pernah Melarang Rapat di Hotel

Penjelasan :

Ada pernyataan Mendagri kepada internal Kemendagri untuk membuat SOP internal dalam menerima konsultasi pemda terkait konsultasi anggaran agar tidak dilaksanakan “malam hari” di hotel, tetapi sebaiknya di kantor Kemendagri. Hal itu sebagai respon atas kasus dugaan penganiayaan staf KPK di Hotel Borobudur, dimana pemda Papua mengundang Ditjen Keuangan Daerah Kemendagri pada malam hari, tanpa seijin Mendagri, untuk konsultasi membahas anggaran daerah.

Jadi perlu kami luruskan bahwa Mendagri tidak pernah membuat pengaturan mengenai larangan rapat-rapat di Hotel. Justru hampir 100 persen kegiatan Kemendagri dilaksanakan di hotel. Berbagai tingkatan / kegiatan di daerah juga dilaksanakan di hotel. Konsultasi pemda ke Kemendagri, pasti bermalam di hotel.

Setelah kasus penganiayaan staf KPK yang terjadi di Hotel Borobudur pada saat pembahasan anggaran antara Pemda Papua dan Ditjen Keuangan Daerah, staff KPK datang karena dapat laporan ada rapat malam hari membahas anggaran daerah di hotel. Karena itu, daripada timbul penafsiran yang diindikasikan macam-macam kalau rapat anggaran di hotel jangan malam hari, dan sebaiknya konsultasi anggaran tetap di kantor, sementara utusan pemda silahkan bermalam di hotel.

Jadi itu hanya untuk SOP internal Kemendagri ketika menerima konsultasi pemda, agar tidak terjadi fitnah dan hal-hal lainya.

Demikian informasi untuk meluruskan berita karena ada berita yang sepotong.

–Tjahjo Kumolo–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.