Tjahjo Kumolo

Perekaman E-KTP Capai 98 Persen, Mendagri Tjahjo Optimistis Partisipasi Pemilu Lebihi Target

JAKARTA – Mendagri Tjahjo Kumolo mengklaim, perekaman data saat ini sudah mencapai lebih 98 persen. Ia pun berharap, tingkat partisipasi pemilih dalam Pemilu 2019  bisa melampaui target KPU.

“Kami ingin lebih karena tingkat perekaman E-KTP juga sudah 98 persen lebih. Mudah-mudahan yang 98 peresen  itu juga tercermin dalam partisipasi menggunakan hak pilih nanti,” ujar Tjahjo, di Kantornya, Jakarta, Kamis (11/4/2019).

KPU sendiri menargetkan tingkat partisipasi pemilu mencapai 77,5 persen. Tjahjo mengatakan, masyarakat yang tidak masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) bisa menggunakan hak suaranya dengan E-KTP atau surat keterangan (suket).

Diketahui, Pemilu yang bakal digelar serentak antara Pileg dan Pilpres 2019 tinggal beberapa hari lagi. Massa kampanye juga akan segera berakhir pada 13 April nanti. Setelah itu masa tenang, sampai hari H pencoblosan 17 April 2019.

Menurut Tjahjo, kini tinggal kesadaran masyarakat yang harus ditumbuhkan untuk mau menggunakan hak pilihnya di Pemilu. Dia berharap masyarakat menyempatkan diri datang ke TPS pada 17 April 2019.

“Dari data kami realistis (melebihi target), tinggal bagaimana masyarakat tergerak hatinya bahwa mereka punya hak konstitutisonal. Dia mau hadir di TPS, meluangkan waktu hadir, sudah cukup. Habis itu mau piknik, mau keluar daerah silakan,” tandas Mendagri. (TimesIndonesia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *