Tjahjo Kumolo

Percepat Penyaluran Dana Desa (Radiogram Terakhir)

192543420150204-121818780x390Radiogram terakhir kepada Kepala Daerah se Indonesia dan Ketua Asosiasi Kepala Daerah se Indonesia, isinya sebagai berikut: memberitahukan bahwa langkah-langkah Kemendagri menanggapi masih lambannya pelaksanaan program dana desa dengan (hari ini) mengirimkan radiogram kepada bupati / walikota se Indonesia yang intinya :

1) mempercepat penyaluran dana desa tidak perlu bertahap, juklak juknis kepala daerah dibuat simple
2) kabupaten untuk melaksanakan monitoring percepatan pencairan dana di desa dan melaksanakan program programnya.
3) Kemendagri percaya penuh kepada seluruh kepala daerah untuk secepatnya membangun desa diwilayahnya dengan dana desa dari pemerintah pusat yang dikoordinasikan oleh kementrian desa maupun dana pembangunan desa yang diprogramkan dengan APBD.
4) dana desa yang sudah turun untuk secepatnya direalisasikan bergerak sesuai petunjuk dari kementerian desa. Prinsipnya kita membutuhkan penyerapan yang cepat dan pelaksanaan program dana desa sebagaimana petunjuk kementerian dana desa oleh seluruh aparatur desa. Kemendagr sudah melatih pelatih Aparatur Desa agar aparatur Desa dapat melaksanakn tugas dan fungsi-fungsinya dengan baik khsusnya penjabaran dan pelaksanaan Dana Desa yang harus cepat bergerak di masyarakat desa. Mohon melalui asosiasi Bupati se Indonesia dapat diinfokan dan digerakkan agar dana desa optimal sudah bergerak dipedesaan.

Terimakasih atas kerjasamanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *