Tjahjo Kumolo

Pengurusan KTP-el Lama tak Perlu Pengantar RT/RW Lurah Camat, Kasus Djarot

Beberapa hal terkait pemberitaan di media cetak maupun medsos tentang penerbitan KTP-el atas nama Djarot Saiful Hidayat, sbb:

1. Radarpribumi.com dalam berita utamanya tanggal 08 Juni 2018 menulis: MISTERI KTP MEDAN MILIK DJAROT, PAK CAMAT : “BERKASNYA NGGAK ADA, KOK BISA TERBIT?! “.

2. Pemberitaan berkembang di Medsos yg “menyudutkan” Dukcapil Kemendagri, seolah-olah telah menerbitkan KTP-el palsu atas nama Djarot Saiful Hidayat.

3. Hasil penelusuran kami terhadap histori data yang bersangkutan dalam Database Kependudukan menunjukkan bahwa KTP-el Djarot Saiful Hidayat adalah KTP-el asli/sah, yang diterbitkan melalui prosedur yang benar, dengan penjelasan sbb:
a. Diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Medan sebagai instansi pelaksana, sebagaimana diamanatkan UU 24 Tahun 2013.
b. Dasar penerbitan adalah SKPWNI/3174/01062018/0001 tgl 1 Juni 2018 dari daerah asal Kota Adm. Jakarta Selatan ke daerah tujuan Kota Medan.
c. Data dan KTP-el ybs diupdate pada hari Senin, tanggal 4 Juni 2018 pkl 10: 48: 39 am oleh pemegang username nomor: 1271budi.

4. Pernyataan sdr M.Agha Novrian, Camat Medan Polonia, yang menyatakan bahwa, “Dia harus membawa surat pindah dari asalnya ke kelurahan. Nanti dari kelurahan diteruskan ke Camat. Setelah ada rekomendasi dari kecamatan baru kita rekomendasi ke Disdukcapil,” tidak tepat dan menunjukkan bahwa tidak memahami perkembangan pelayanan Dukcapil yang TIDAK lagi mensyaratkan pengantar Rt/RW, Lurah/Kades, dan Camat dalam pengurusan dan penerbitan KTP-el, kecuali pengurusan dan penerbitan KTP-el untuk pertama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *