Tjahjo Kumolo

Pemerintah Harus Lebih Pro Aktif Membela TKI/TKW di Malaysia

Terkait kasus penembakan TKI kita di Malaysia. Pemerintah harus lebih pro aktif dalam pembelaan warga negara RI di Malaysia, karena frequensinya semakin meningkat. Apapun kewajiban negara/pemerintah harus membela setiap warga negara di negara lain yang ada tertimpa kasus. Pemerintah Indonesia jangan terkendala solidaritas ASEAN, tapi ini menyangkut warga negara RI, kehormatan dan harga diri NKRI.

Kemenlu harus lebih aktif dan keras untuk membela warga negara/TKI-TKW kita di Luar Negeri. Jumlah TKI kita di Luar Negeri baik legal maupuin ilegal sudah mencapai 6,5 juta orang. TKI yang diindikasi bermasalah pada pekerja informal sampai sekarang ada sekitar 39 ribu kasus. Pemerintah harus memprioritaskan hal ini, juga ditangani kasus per kasus.

Langkah-langkah penanganan pemerintah harus intens terkait advokasi dan mengefektifkan penanganan TKI, dan evaluasi terkait moratorium harus serius. Percepatan pembuatan MOU di Negara-negara lain harus diprioritaskan serius. Pemerintah RI harus memanfaatkan program pengampunan dan pemutihan terhadap TKI.

Koordinasi Kemenlu dan peran intelijen harus terpadu agar nasib dan nyawa TKI kita tidak terus jadi korban di negara-negara. Apapun keselamatan warga negara kita harus dijamin pemerintah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.