Tjahjo Kumolo

PDIP Tegaskan Penolakan Kenaikan Harga BBM

Jakarta – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menolak rencana pemerintah menaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Pasalnya, kenaikan BBM dapat berpengaruh terhadap kebutuhan pokok masyarakat.

Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal PDIP, Tjahjo Kumolo kepada SP di Jakarta, Jumat (15/2).

“Sejak awal Fraksi PDIP di DPR menolak kenaikan harga BBM. Mengingat implikasi kenaikan akan mempengaruhi tarif jasa lainnya dan harga-harga kebutuhan pokok. Kenaikan BBM bakal menjadi beban hidup rakyat semakin berat,” kata Tjahjo.

Dia menambahkan, pemerintah semestinya dapat berpikir menyejahterakan masyarakat. “Tugas pemrintah kan harusnya memberikan tingkat kesejahteraan bagi masyarakat di semua sektor bukan malah menambah beban hidup masyarakat,” imbuhnya.

Terkait program pemberian bantuan langsung tunai (BLT), dia berharap pemerintah menyalurkannya dalam bentuk program. “Sebaiknya program BLT yang diprogramkan pemerintah diawal tahun menjelang pemilu sebaiknya diarahkan pada bentuk program lainnya saja. Misalnya membangun infrastruktur jalan, pengairan dan lain sebagainya, tegas Tjahjo.

Menurut anggota Komisi VII DPR dari Fraksi PDIP Dewi Aryani, program jelas menguntungkan partai penguasa. Dewi juga menolak jika BLT disalurkan oleh semua partai politik yang lolos pemilu. “Enggak perlu curiga BLT itu jelas-jelas menguntungkan partai penguasa. BLT tidak mendidik. Saya rasa partai yg rasional tidak akan melakukan itu,” kata Dewi.

Dia menyatakan, pemerintah mesti memperhitungkan dampak dan efek domino atas rencana menaikan harga BBM.

“Menaikkan BBM itu memang domain pemerintah, tapi kita mengingatkan dampak dan efek domino, apa sudah diperhitungkan matang? Revolusi sosial bisa saja terjadi akibat berbagai kenaikan di segala sektor termasuk pangan dan BBM,” tegas Dewi.

Sumber: beritasatu.com, Jumat, 15 Maret 2013 | 13:22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.