Tjahjo Kumolo

PDIP Minta Pemerintah Hentikan Sementara Pengiriman TKI

Solopos-Jakarta–PDI Perjuangan meminta pemerintah menghentikan sementara pengiriman tenaga kerja Indonesia (TKI) ke luar negeri.

Hal ini harus dilakukan mengingat maraknya penyiksaan terhadap TKI belakang ini.

“Perlu pendataan ulang kembali bagi TKI yang sudah bekerja di luar negeri. Sementara dihentikan dulu yang akan dikirim,” kata Sekjen PDI Perjuangan,  Tjahjo Kumolo seperti dilansir detikcom, Jumat (19/11).

Tjahjo mengemukakan selama proses penghentian sementara itu nantinya diperlukan nota kesepahaman antara Indonesia dan negara penerima TKI.

“Agar kalau ada hal-hal yang tidak diinginkan, ada jaminan asuransi, kepastian hukum dan negara berhak menuntut pemerintah atau negara yang bersangkutan misalnya,” jelas Tjahjo.

“Perlu political will semua pihak untuk menghentikan pola penganiayaan yang semakin hari semakin sering terjadi,” imbuh Tjahjo.

Lebih lanjut, Tjahjo menyampaikan, kasus penganiayaan TKI di luar negeri khususnya di Arab Saudia dan Malaysia menunjukkan begitu lemahnya kontrol negara dalam memonitor warga negaranya. Perlu penataan sistem terpadu antar kementerian dalam pengiriman TKI.

“Agar perlindungan hak-hak sebagai warga negara terjamin di negara tersebut,” tambah Tjahjo.

Seperti diberitakan, kasus penganiayaan terhadap TKI terjadi berturut-turut belakangan ini. Setelah Sumiati yang digunting mulutnya, kemarin terungkap Kikim Komalasari yang disiksa, diperkosa, hingga akhirnya tewas dan dibuang di tong sampah di Kota Abha, Arab Saudi. Kedua TKI itu diduga dianiaya majikan.

Sumber: Solopos, 19 November 2010

2 Responses to PDIP Minta Pemerintah Hentikan Sementara Pengiriman TKI

  1. Nico 19/11/2010 at 15:31

    seharusnya pemerintah sadar kenapa orang mau jadi TKI keluar negeri karena lapangan kerja kita tuh bener2 sempit, tolong dong pak perbanyak lapangan kerja agar dapat mengurangi penganguran di negeri ini, bangsa indonesia tuh klo di luar negeri di sebut bangsa pembantu.
    STOP pengiriman TKI perluas lapangan kerja 🙂 NICO tangerang Cileduk City

    Reply
    • GENE 20/11/2010 at 20:30

      Perhatian Pemerintah hrs lbh fokus lagi terhadap TKI yg bekerja di Luar Negeri.Kasus penganiayaan yg terjadi di SaudiArabia dan Malaysia sangat melukai hati kami sebagai kaum perempuan.Mengapa kejadian ini terjadi berulangkali?.Seharusnya pemerintah stop dulu mengirim TKI kita ke Luar negeri khususnya negara2 Saudi Arabia dan Malaysia.Harus ada penetaan kembali brp banyak jumlah TKI secara keseluruhan.Barangkalli masih ada kasus serupa tapi tdk terungkap.mungkin ada yg mengalami penganiayaan dan perkosaan tapi takut melapor atau tdk tau atau tdk diperkenankan keluar rumah.Walaupun para TKI memiliki HP tapi tdk dpt berbuat apa2.Perlu adanya perlindungan hukum bagi TKI agar mrk dpt bekerja dgn aman tanpa rasa takut.Pemerintah seharusnya membuat Memorandum Of Understanding dgn Negara2 penerima TKI,agar kita memiliki kekuatan hukum dan utk melindungi hak2 para TKI, jika terjadi hal2 yg tdk diinginkan.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *