Tjahjo Kumolo

Pak Tjip, Insinyur Peletak Pondasi PDI Perjuangan

Jakarta – Sebelum masuk dunia politik, Ir. Sutjipto sudah dikenal sebagai tokoh teknik sipil di Indonesia. Bersama rekannya, sarjana jebolan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) ini berhasil menemukan teknik pondasi konstruksi sarang laba-laba yang terbukti aman dari gempa.

Namun dunia politiklah yang akhirnya melambungkan namanya. Pak Tjip, demikian ia disapa, dikenal sebagai loyalis Megawati Soekarnoputri yang menentang intervensi pemerintah Orde Baru di tubuh Partai Demokrasi Indonesia (PDI).

Konsistensi Pak Tjip bisa dilihat saat ia melawan penguasa yang tidak mengakui SK DPP PDI 043. Surat itu sejatinya menetapkan Pak Tjip sebagai Ketua DPD PDI Jawa Timur. Meski tidak diakui penguasa, Pak Tjip tetap memimpin kader dan simpatisan PDI di Jawa Timur.

“Justru itulah yang menjadi momentum bagi kristalisasi semangat juang partai,” kata Sekjen DPP PDI Perjuangan, Tjahjo Kumolo, kepada wartawan, Jumat (25/11/2011).

Menurut Tjahjo, Pak Tjip bukan hanya pejuang, namun juga peletak dasar PDI Perjuangan (metamorfosis PDI) bersama Megawati Soekarnoputri. “Beliau meletakkan dasar-dasar perjuangan partai yang bermatabat melawan kezaliman kekuasaan pemerintahan yang otoriter,” kenang Tjahjo.

Setelah Orde Baru tumbang dan PDI Perjuangan memengani pemilu 1999, karier politik Pak Tjip melejit. Dia pun dipercaya mendampingi Ketua Umum Megawati sebagai sekretaris jenderal dari 2000-2005. Dia juga pernah menjabat wakil ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) periode 1999-2004.

Kini Pak Tjip telah tiada. Pria kelahiran Trenggalek 13 Agustus 1945 itu menghembuskan nafas terakhirnya kemarin sore di Rumah Sakit Darmo Surabaya karena gagal melawan penyakit stroke. “Semangat juang yang diberikan Pak Tjip harus menjadi suri teladan bagi generasi penerus PDI Perjuangan,” pinta Tjahjo.

Untuk menghormati kepergian Pak Tjip, DPP PDI Perjuangan juga menginstruksi pengibaran bendera setengah tiang kepada jajaran partai di daerah. “Bisa berjuang dengan Megawati Soekarnoputri, yang senafas dengan perjuangan Bung Karno merupakan kebanggaan tertinggi bagi Pak Tjipto,” kata Tjahjo.

Insinyur yang berpolitik dan melawan. Mungkin itulah gambaran sosok Pak Tjip, yang tak berbeda dengan tokoh yang ia kagumi, Bung Karno. Selamat jalan Pak Tjip.

Sumber: detikNews, Jumat, 25/11/2011 10:31 WIB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.