Tjahjo Kumolo

Menpan RB Pastikan Pemangkasan Eselon Tak Akan Berdampak pada Fasilitas

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo saat memberikan sambutan dalam acara penyampaian hasil evaluasi dan penghargaan pelayanan publik wilayah III Tahun 2019 di The Opus Grand Ballroom Jakarta, Selasa (5/11/2019). | AKURAT.CO/Kosim Rahman

Jakarta – Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo menegaskan, wacana pemangkasan birokrasi bagi pejabat eselon III, IV, dan V seluruh kementerian/lembaga tidak akan berdampak pada fasilitas yang sudah ditetapkan.

Menurut Tjahjo, pemangkasan eselonisasi aparatur sipil negara itu merupakan instruksi Presiden Joko Widodo yang berkeinginan eselonisasi pejabat negara kini menjadi 2 level saja.

“Mudah-mudahan tidak berubah. Fungsional kan juga sama, tidak akan berubah,” kata Tjahjo usai menghadiri Penyampaian Hasil Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah III, di The Opus Grand Ballroom Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa Menpan RB ingin menjadi pelopor sekaligus contoh dari pemangkasan eselon di kementerian.

Ia mengatakan akan mulai memangkas eselon II dan III di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dalam bulan ini.

“Kami yang pertama mudah-mudahan pertengahan bulan ini selesai, november. Nanti kita umumkan,” ungkap Tjahjo.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana untuk menyederhanakan susunan birokrasi secara besar-besaran. Langkah tersebut dilakukan agar kerja-kerja yang dilakukan bisa lebih efektif dan efisien.

“Eselonisasi harus disederhanakan.¬†Eselon I, eselon II, eselon III, eselon IV, apa tidak kebanyakan? Saya minta untuk disederhanakan menjadi 2 level saja,” jelas dia dalam pidato pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 di Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019). (Akurat.co)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.