Tjahjo Kumolo

Mendagri Sarankan Bupati Mandailing Natal Terus Menjabat

Jakarta — Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyarankan Bupati Mandailing Natal (Madina) Dahlan Hasan Nasution untuk terus menjabat hingga masa jabatan selesai. Dahlan menjabat sebagai bupati Madina periode 2016-2021.

“Arah (saran) saya mungkin seyogianya yang bersangkutan terus melanjutkan tugasnya sebagai bupati, arahnya nanti kalau ketemu,” kata Tjahjo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (24/4).

Tjahjo mengatakan belum bertemu dengan Dahlan. Ia berharap pekan depan sudah bisa bertemu Dahlan, yang mengirimkan surat pengunduran diri karena merasa perolehan suara pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin kalah di Kabupaten Madina.

Meskipun belum bertemu, Tjahjo menyebut jajarannya sudah berkomunikasi dengan Pemerintah Daerah Sumatera Utara untuk membahas surat pengunduran diri yang dibuat Dahlan.

“Pada prinsipnya saya akan menjelaskan mekanisme pengunduran diri,” ujar politikus PDIP itu.

Tjahjo mengaku belum mengetahui soal kabar Presiden Joko Widodo yang meminta agar Dahlan mengurungkan niat mundur dari jabatan bupati Madina. Ia juga belum berkomunikasi dengan Jokowi terkait surat pengunduran diri Dahlan itu.

“Belum (bertemu Jokowi), tapi sudah kami laporkan kepada Pak Mensesneg, kepada kepala staf, dan seskab,” katanya.

Dahlan mengundurkan diri dari jabatan Bupati Madina karena menganggap hasil pemilu di wilayahnya sangat mengecewakan. Perolehan suara Pilpres 2019 di Kabupaten Madina, Joko Widodo-Ma’ruf Amin disebut kalah dari Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Surat pengunduran diri tertanggal 18 April 2019 itu beredar ke publik pada Minggu (21/4). Surat tersebut ditujukan kepada Presiden RI d.p Menteri Dalam Negeri. (CNN Indonesia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.