Tjahjo Kumolo

Mendagri: Polri Berperan Penting Menjaga Kamtibmas

Jakarta РMenteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo mengatakan, Polri dan TNI sangat berperan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah NKRI. Hal itu diungkapkannya saat menjadi pembicara dalam Sespimti Sespim Lemdiklat Polri di PTIK, Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis (18/7).

“Peran Polri jelas dalam menjaga ketertiban dan keamanan, mulai dari kapolsek dan strukturnya dalam hal tata kelola dengan pemerintah pusat dan daerah,” ujar Tjahjo.

Dia menerangkan bahwa hubungan baik dengan masyarakat serta para tokoh masyarakat juga harus dibina dari tingkat polsek. Hal itu perlu dilakukan dalam rangka menjaga kestabilan suatu wilayah yang berdampak paada stabilitas nasional.

“Di daerah, kapolda, kapolres, kapolsek harus bekerjasama, jaga hubungan dengan tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama agar keamanan stabil sampai ke tingkat nasional sesuai Nawa Cita,” katanya. 

Selain itu, dia juga berharap Polri mampu menjaga empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara. Pasalnya, Tjahjo menilai tantangan bangsa pada era ini menyangkut radikalisme dan nilai-nilai yang mengancam keutuhan bangsa.

“74 tahun kita merdeka, kita menghadapi konteks tantangan yang berupa radikalisme dan nilai-nilai di luar Pancasila. Oleh karena itu sila Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika, itu adalah harga mati. Oleh karenanya mestinya soal ideologi sudah selesai, agar kita fokus membangun negara ini dan menjadi negara maju didunia,” tuturnya. (Gatra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.