Tjahjo Kumolo

Mendagri: Pemilu Serentak Akan Dievaluasi

Jakarta – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa evaluasi pelaksanaan Pemilu baru akan dibahas setelah Komisi Pemilihan Umum atau KPU mengumumkan hasil penghitungan pada 22 Mei mendatang.

Evaluasi tersebut kemungkinan akan dibahas bersama DPR pada awal pemerintahan baru nanti. Menjelang itu, KPU sudah harus menyiapkan evaluasinya tahapan pelaksanaan, dan Kemendagri yang berkaitan dengan keserentakan Pemilu.

“Kemendagri sudah membuat evaluasi yang menyangkut keputusan MK, keserentakan itu apakah harus hari tanggal jam bulan yang sama,” ucap Tjahjo di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (22/4).

Selain itu, hal lain yang juga akan menjadi bahan evalusasi adalah rentang masa kampanye. Mengacu pengalaman Pemilu Serentak 2019 ini, waktunya sekitar 7 bulan.

“Mengenai massa kampanye apakah harus sekian bulan. Itu aja. Saya kira yang penting bagaimana membangun sebuah sistem pemilu yang demokratis, lebih efektif, lebih efisien,” jelasnya.

Untuk diketahui, mengacu tahapan kampanye pemi;u legislatif dan capres – cawapres 2019, masa kampanye berlangsung antara 23 September 2018 sampai 13 April 2019.(jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.