Tjahjo Kumolo

Mendagri Optimistis KPU Laksanakan Verifikasi Faktual Tepat Waktu

Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo optimistis Komisi Pemilihan Umum (KPU) dapat melaksanakan verifikasi faktual partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2019. Apalagi, verifikasi faktual merupakan hasil dari putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

“Secara prinsip dalam putusan MK jelas tegas harus ada verifikasi faktual. KPU tetap melaksanakan tetapi tidak melewati tenggat waktu (verifikasi parpol),” kata Tjahjo di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri), Jakarta, Kamis (18/1).

Dengan begitu, menurut Tjahjo, tidak ada konsekuensi untuk mengubah Undang-Undang (UU) Nomor 7/2017 tentang Pemilu serta menerbitkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu). Diingatkan Tjahjo, terdapat beberapa hal penting dalam verifikasi faktual.

“Harus jelas pengurus pusat di tingkat nasional, punya kantor, alamatnya jelas. Harus jelas ketum (ketua umum), sekjen (sekretaris jenderal), bendum (bendahara umum). Keterwakilan 30 persen pengurus perempuan. Tingkat prov, kabupaten, kota juga sama. Untuk anggotanya mau diambil sampel per kecamatan, kabuapten/ kota, provinsi, nasional terserah KPU,” ungkapnya.

Sekadar diketahui, tenggat waktu verifikasi dijadwalkan rampung 17 Februari 2018. Tahapan ini yang dinilai Tjahjo jangan sampai menggangu tahapan lain. Ditegaskan, pelaksanaan Pemilu 2019 yang direncanakan berlangsung April 2019, tidak boleh sampai diundur.

Sumber: Suara Pembaruan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *