Tjahjo Kumolo

Mendagri Minta Pemda Bangun Infrastruktur Pendidikan yang Memadai

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo saat memberikan sambutan acara pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Jawa Barat, di Hotel Intercontinental, Bandung, Kamis (13/4/2017).(Fachri Fachrudin - KOMPAS)

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo saat memberikan sambutan acara pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Jawa Barat, di Hotel Intercontinental, Bandung, Kamis (13/4/2017).(Fachri Fachrudin – KOMPAS)

Jakarta – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengimbau pemerintah daerah membangun infrastruktur pendidikan yang memadai di daerahnya masing-masing.

Ia mengatakan, hal ini penting dilakukan karena anggaran pendidikan mendapatkan pors besar di APBN, yakni 20 persen.

“Sekolah di sekitar Jakarta saja banyak yang belum baik. Padahal tanpa proposal tiap tahun (anggaran pendidikan) pasti naik,” ujar Tjahjo, seusai memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional, di Gedung Kementrian Dalam Negeri, Jakarta, Selasa (2/5/2017).

Tjahjo menyebutkan, pada Musyawarah Perencanaaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) telah disepakati adanya korelasi antara pembangunan infrastruktur dengan peningkatan kualitas hidup.

Kesepakatan tersebut juga mengharuskan seluruh kepala daerah membangun infrastruktur yang layak.

Oleh karena itu, pemerintah daerah wajib menyediakannya.

“Jadi semuanya harus terpadu. Daerah tingkat dua itu selain ekonomi juga pengembangan infrastruktur (pendidikan) harus juga terpadu supaya kualitas bangsa ini ke depan lebih baik,” ujar Tjahjo. (KOMPAS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *