Tjahjo Kumolo

Mendagri Kembali Ingatkan Peserta Pilkada Tak Mainkan Isu SARA dan Politik Uang

Yogyakarta – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak akan digelar pada 2018 mendatang. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengingatkan kepada calon yang akan maju di Pilkada serentak 2018 agar tidak memainkan isu SARA untuk meraih kemenangan.

Politisi PDIP ini kembali mengingatkan, akan lebih baik para calon beradu konsep, ide maupun gagasan. Pertarungan konsep, ide dan gagasan untuk memajukan daerah ini diharapkan bisa membuat calon pemilih yakin untuk memilih jagonya dalam Pilkada serentak 2018 mendatang.

“Hindari kampanye yang berujar kebencian. Berujar SARA,” ujar Tjahjo di UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Selasa (31/10).

Mantan Sekjen PDIP ini juga meminta tak mengandalkan politik uang. Politik uang adalah penyakit dengan menghalalkan segala cara untuk meraih kekuasaan.

Tjahjo berpendapat, kunci sukses Pilkada 2018 ada dua. Yaitu meningkatnya partisipasi masyarakat dan tidak ada politik uang. Tjahjo optimis penyelenggaraan Pilkada 2018 akan berlangsung kondusif. Optimisme ini diantaranya karena dari sisi anggran sudah tercukupi dan dari segi keamanan juga sudah dipersiapkan.

“Pilkada (serentak 2018) ini aroma dan hawanya sudah pileg dan pilpres (2019). 171 daerah ini sudah 68 persen suara pemilih pileg dan pilpres. Saya optimis dari sisi anggarannya sudah tercukupi, ada komitmen dari kepolisian dan diback up TNI (menjaga keamanan),” tutup Tjahjo. (Merdeka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *