Tjahjo Kumolo

Mendagri Janji Bangun Patung Bung Karno di Wilayah Perbatasan

Ende – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyatakan, setiap tempat persinggahan Sukarno di Tanah Air akan dibangun monumen patung Bung Karno disertai lambang burung Garuda Pancasila.

“Termasuk, semua daerah perbatasan di NKRI akan saya pasang Bhinneka Tunggal Ika beserta sila-sila Pancasila dan juga patung Bung Karno,” ucap Tjahjo Kumolo usai meresmikan patung Sukarno yang dibangun persis di halaman rumah pengasingan sang Putra Fajar di Kecamatan Kota Raja, Kota Ende, Nusa Tenggara Timur, Jumat, 1 Juni 2018.

Mendagri menjelaskan, sebelumnya telah meresmikan patung Sukarno atau Bung Karno di Saumlaki, Provinsi Maluku. Kali ini di Kota Ende, Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur, tempat Sukarno diasingkan pada 1934-1938 silam.

“Zaman dulu dari Batavia (Jakarta) ke Saumlaki itu butuh waktu sampai berbulan-bulan. Beliau (Bung Karno) harus naik kapal laut untuk melihat pulau terluar yang dekat dengan Australia, termasuk di Sangir Talaud yang berbatasan dengan Filipina juga,” tuturnya. (Liputan6)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *