Tjahjo Kumolo

Mendagri : Forkopimda Harus Bisa Jaga Keamanan dan Stabilitas di Daerah

Tjahjo_Kumolo_Forkopimda_2Otonominews.com (Jakarta) – Forum Koordinasi Pimpinan Daerah atau yang sering disebut Forkopimda sangatlah penting membantu kinerja Pemerintah Daerah. Sebab, permasalahan di daerah dengan persamaan kawasan hampir selalu serupa. Mengingat demografi dan keadaan geografisnya tak jauh berbeda.

Hal tersebut mengemuka saat Menteri Dalam Negeri (mendagri), Tjahjo Kumolo melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Lanny Jaya, Papua, Senin (01 Agustus 2016).

Dengan Forkopimda yang terarah dan terkonsolidasi, diharapkan mampu mendeteksi masalah sebelum terjadi. Berkaca pada konflik yang sering meletus, utamanya terkait Suku Ras dan Agama (SARA), optimalisasi Forkopimda menjadi hal yang tak bisa dihindari.

“Agar berbagai permasalahan dapat ditangani secara segera,” kata Tjahjo.

Forkopimda dikatakan Mendagri memiliki muara sebagai pemelihara ideologi bangsa. Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika, seharusnya memang dijaga dengan mengarahkan masyarakat. Untuk itulah, perlu pemeliharaan melalui para pimpinan daerah di bawah forum ini.

Tak hanya itu, Tjahjo juga mengatakan kelompok regional Pemda ini berguna dalam menjaga keamanan serta stabilitas di regional. Nantinya hal tersebut akan menular ke skala nasional untuk menangani konflik sosial serta memfasilitasi kehidupan demokratis. Artinya, ada hubungan timbal balik antar forum tersebut kepada tugas kepala daerah.

Di satu sisi para Kepala Daerah di satu kawasan berkonsolidasi antar sesama. Di sisi lain tugas mereka juga didukung melalui ketentraman dan ketertiban masyarakat.

Untuk diketahui, Forkopimda sendiri terdiri dari unsur, pemerintah daerah yakni gubernur atau bupati/walikota sebagai ketuanya. Kemudian anggotanya dari pimpinan DPRD, kepolisian (kapolda atau kapolres), TNI (pangdam atau dandim) dan Kejaksaan (kajati atau kajari).

“Sedangkan di tingkat kecamatan, ketuanya adalah camat, melibatkan pimpinan TNI dan Polri di tingkat kecamatan,” ujar dia.

Dia juga menegaskan kalau Forkopimda ini juga dapat melibatkan unsur pimpinan BIN di daerah serta mengundang pimpinan instansi vertikal terkait serta unsur masyarakat.

Sumber: otonominews.com, Senin , 01 Agustus 2016 – 19:10 WIB

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.