Tjahjo Kumolo

Mendagri: BG Tepat Untuk Wakapolri

000001bgJAKARTA- Kapolri perlu segera menunjuk, menetapkan dan melantik Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (wakapolri), agar tidak menimbulkan spekulasi dimasyarakat. Komjen Polisi Budi Gunawan (BG) adalah figur yang tepat untuk menduduki jabatan wakapolri. Hal ini disampaikan oleh, Mendagri, Tjahjo Kumolo kepada Bergelora.com di Jakarta, Rabu (22/4).

 

“Figur Komjen Polisi BG -menurut saya kira tepat untuk menjawab wakapolri. Yang bersangkutan juga clear n clean,” ujarnya.

 

Terkait masalahnya menurut Tjahjo Kumolo, – nama baik Komjen Polisi Budi Gunawan harus di diperbaiki atau dipulihkan oleh keputusan Wanjakti dan pimpinan Polri.

“Kapan pelantikan terserah Keputusannya Kapolri,” tegasnya.

 

Sebagai Wakil Ketua Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa, penentuan calon Wakil Kepala Polisi Republik Indonesia (Wakapolri) merupakan kewenangan Kapolri dan Wanjakti.

 

“Keputusan calon Wakapolri dan jabatan bintang 3(Komjen)Mabes POLRI ada pada wanjakti Polri yang dipimpin Kapolri,” tegasnya.

 

Tjahjo Kumolo juga mengingatkan bahwa Presiden sejak awal sudah menegaskan juga bahwa, penentuan Wakapolri diserahkan pada Wanjakti Polri.

 

“Presiden sejak awal juga sudah menyampaikan terbuka saat di DPR bahwa keputusan calon wakapolri diserahkan pada Wanjakti Polri dan Kapolri,” jelasnya.

Pertimbangannya menurut Tjahjo Kumolo, Wakapolri harus lebih muda angkatannya dari Kapolri dan mampu bekerjasama dengan Kapolri.

 

“Harus bisa loyal pada Kapolri dan bisa menjaga soliditas Polri dan ketenangan internal Polri,” jelasnya.

 

Usia lebih muda dari Kapolri menurutnya agar memenuhi kebutuhan regenerasi kepemimpinan dalam Polri.

 

Sumber: bergelora.com, Rabu, 22 April 2015

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *