Tjahjo Kumolo

Mendagri Asik Senam Bersama Warga Banyuwangi

Banyuwangi – Mendagri Tjahjo Kumolo mengunjungi Mal Pelayanan Publik (MPP) di Banyuwangi, Jawa Timur. Dalam kesempatan tersebut Mendagri berkeliling mengecek ragam pelayanan yang bisa diakses oleh warga bersama Gubernur Jatim Khofifah dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Momen menjadi seru terutama saat Mendagri melakukan senam peregangan otot bersama warga. Senam di Mal Pelayanan Publik Banyuwangi dilakukan setiap empat jam sekali. Semua layanan berhenti setiap empat jam, lalu warga dan petugas bersenam bersama.

”Senam ini diikuti petugas dan warga yang mengurus dokumen atau izin. Untuk relaksasi, sekaligus menimbulkan suasana gembira dan interaksi satu sama lain. Bagi petugas, senam ini penting agar mereka tidak terkena penyakit karena berjam-jam duduk di depan komputer untuk melayani warga,” kata Anas saat memberikan penjelasan kepada Tjahjo Kumolo dan Khofifah kamis (25/4)

Antusias begitu terlihat terutama ketik musik diputar, Mendagri, gubernur Jatim, dan Bupati Anas bersama warga langsung menggerakkan anggota badan mengikuti gerakan instruktur di depan.

“Wah menyenangkan ya. Ada senamnya, saya lihat juga ada taman bermain anak, juga banyak buku-buku yang bisa dibaca sambil menunggu antrian. Pelayanan pada masyarakat memang harus paripurna,” kata Tjahjo Kumolo.

Mendagri dan rombongan pun berkeliling melihat berbagai layanan yang tersedia. Mal Pelayanan Publik di Banyuwangi merupakan mal pertama di Indonesia yang didirikan kabupaten.

Saat ini, mal tersebut mengintegrasikan 199 layanan perizinan dan dokumen. Mulai dokumen administrasi kependudukan, berbagai macam izin, layanan perpajakan, imigrasi, pertanahan, hingga layanan kepolisian. (RMOL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.