Tjahjo Kumolo

Melalui Radiogram, Mendagri Minta Seluruh Pemda Bantu Korban Gempa di Sulteng

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo meminta semua pemerintah daerah mengeluarkan anggaran untuk membantu korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Instruksi itu disampaikan melalui radiogram kepada seluruh kepala daerah.

“Radiogram itu bisa menjadi payung hukum untuk mengeluarkan anggaran bencana. Sisihkan anggaran untuk membantu korban bencana,” ujar Tjahjo di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jakarta, Senin (1/10/2018).

Menurut Tjahjo, setelah instruksi tersebut dikeluarkan, sejumlah daerah langsung memberikan bantuan. Beberapa di antaranya, Gorontalo, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Selatan. Kemudian, Jawa Timur dan beberapa daerah lain yang menyusul.

Sejak gempa berkekuatan magnitudo 7,4 mengguncang dan tsunami melanda Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Jumat (28/9/2018) pukul 17.02, korban jiwa dan kerusakan terus bertambah.

Hingga Senin pukul 13.00, tercatat 844 orang meninggal dunia, 90 orang hilang, serta 632 luka berat dan dirawat di rumah sakit. Selain itu, ada 48.025 jiwa mengungsi di 103 titik di Kota Palu. (Kompas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *