Tjahjo Kumolo

Megawati Bilang Tjahjo Orang yang Baik

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Di sela-sela orasi politiknya di depan ribuan kader simpatisan PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, sempat guyon di atas panggung. Mega, kemudian menunjuk sekjen-nya Tjahjo Kumolo sebagai seorang Jawa yang baik. Tjahjo, dari kejauhan terlihat senyum-senyum. Putri Megawati, Puan Maharani, juga jadi bahan guyonannya.

“Sekjen PDI-P itu orang baik. Karena orang jawa,” kata Megawati sambil menunjuk ke arah Tjahjo Kumolo yang berdiri di belakangnya.

Kemudian, giliran Puan Maharani yang berdiri disamping Tjahjo. Mega sambil menunjuk ke arah Puan, kemudian mengatakan sambil senyum-senyum.

“Tapi, kalau yang ini Jawa-nya dikit. Galak, karena banyakan Sumateranya,” kata Megawati yang disambut para simpatisan kader partai yang hadir di acara Pencanganan Cabang Pelopor PDI Perjuangan, di Desa Njambakan, Kecamatan Bayat, Klaten, Jawa Tengah, Kamis (17/03/2011).

“Meski dia (Puan) dapilnya jateng, tapi galak,” Guyon Megawati sambil kembali tersenyum sumringah.

Dalam orasi politiknya, Mega beberapa kali melontarkan kata-kata yang membuat kader partai, juga para wartawan yang hadir tertawa lepas. Bahkan, sempat pula Mega mengajak berdialog langsung dengan kadernya di atas panggung, seraya mendengarkan curahan hati kadernya diselingi guyonan dengan logat Jawa.

Pada bagian lain dalam orasi politiknya, Megawati sesekali ‘menyentil’ pemerintah. Dalam beberapa kesempatan bisa mendengarkan Megawati berpidato, baru kali ini, Mega memberikan sindiran halus yang berbeda dari biasanya.

“Pemerintahku yang saya cintai, mbok sekarang kerja keras. Jangan ngikuti isu terus,” kata Megawati. Dirinya kemudian meminta kepada pemerintah untuk melindungi warga negara sesuai yang diamanatkan oleh konstitusi.

“Di dalam kosntitusi itu semua warga negara punya hak yang sama. Jangan mereka dikejar-kejar. Jangan bilang saya bela mereka, bukan saya, tapi konstitusi. Konstitusi mengajak guyub (kompak), gotong royong dan toleransi,” kata Megawati.

Tribunnews.com – Kamis, 17 Maret 2011 21:26 WIB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.