Tjahjo Kumolo

Kunjungi Banten, Mendagri Berikan Motivasi dan Pastikan Pelayanan Berjalan Lancar

BANTEN –  Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dan rombongan mengunjungi Provinsi Banten. Kedatangan Mendagri ke Pendopo Kantor Gubernur Banten langsung disambut Gubernur Banten Wahidin Halim, Jumat (28/12).

Mendagri Tjahjo dan Gubernur Banten Wahidin menyaksikan monitor data pemantauan daerah terkena tsunami. Terdapat sekitar 32. 438 total pengungsi yang ada di Kota Serang dan Kabupaten Pandeglang.

Data korban meninggal dunia, luka-luka, dan hilang , rinciannya untuk di Kota Serang tercatat 20 orang meninggal dunia, 36 luka-luka dan 1 orang dinyatakan hilang. Kabupaten Pandeglang sebagai daerah yang terkena dampak paling parah tercatat; 286 meninggal dunia, 721 luka-luka dan 43 orang dinyatakan hilang. Data ini diperoleh pada pukul 11.00 WIB tanggal 28 Desember 2018.

Setelah itu, Mendagri melaksanakan salat Jumat di Masjid Agung Al Bantani Provinsi Banten, dilanjutkan penyerahan secara simbolik bantuan logistik untuk korban bencana di Gedung Aspirasi Posko Pemprov Banten.

“Kami dari Kemendagri gotong royong dengan jajaran eselon satu dan lainnya menyerahkan bantuan logistik berupa minyak, beras, gula, kopi, teh, susu, biskuit, mie instant, telur, air mineral, sabun dan sebagainya. Ini barang logistik yang benar – benar mendesak dan dibutuhkan saudara kita yang terkena bencana,” ujar Tjahjo.

Mendagri ingin memastikan tetap berjalannya pemerintahan di daerah bencana mulai dari provinsi, kabupaten dan kota, kecamatan, kelurahan dan desa untuk tetap memberikan pelayanan pada masyarakat. Untuk merehabilitasi kantor desa yang rusak Mendagri Tjahjo Kumolo telah menyiapkan anggaran 50juta per desa. Dipersilahkan Bupati langsung koordinasi teknis dengan ditjen pemerintahan desa kemendagri.

Selain itu, Mendagri juga mengutus tim ke Lampung selatan untuk menyerahkan bantuan yang sama. Tim dukcapil terus bekerja membantu tim Inafis DVI Polri untuk mengidentifikasi korban meninggal.

Tepat pukul 14.20 WIB, Mendagri tiba di Posko Bantuan Kabupaten Pandeglang. Ia juga menyampaikan bantuan secara simbolis yang diterima langsung Bupati Pandeglang Irna Narulita dan suami. Hadir juga pada kesempatan tersebut Bupati Lebak Iti Oktavia Jayabaya yang bersamaan menyerahkan bantuan uang Rp. 200 juta secara simbolis.

Tjahjo menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak yang bahu-membahu secara cepat ikut menangani penanggulangan bencana mulai dari kementerian/lembaga sesuai dengan tugas dan fungsinya, kemudian TNI/Polri, pemerintah provinsi, kabupaten dan kota, kecamatan, kelurahan dan desa. “Saat ini ada 19 titik Posko Bantuan, ini sangat luar biasa,” ujarnya.

“Prinsipnya semua pihak sudah melaksanakan apa yang menjadi arahan Presiden Jokowi, untuk segera ditindaklanjuti,” ujar Tjahjo. (Suara-Karya.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.