Tjahjo Kumolo

Kopi Pahit & Sate Kambing, ‘Vitamin’ Tjahjo Kumolo Kala Tak Enak Badan

JAKARTA — Menteri Dalam Negeri Tjhajo Kumolo mengaku flu berat saat melakukan kunjungan kerja ke Semarang, Jawa Tengah pekan lalu.

Kendati badannya tengah tidak fit, dirinya masih harus menjalankan tugas yang dimandatkan sebagai menteri.

Saat memberi kata sambutan di acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Provinsi Jawa Tengah di Semarang, Tjahjo berterus terang, dirinya sedang flu. Tapi karena tugas negara memanggil, dirinya harus tetap berangkat.

Apalagi, menghadiri Musrenbang sudah masuk agenda kerjanya yang tak mungkin dibatalkan. Maka dengan keadaan sedang diserang flu yang bisa dikatakan berat, ia tetap terbang ke Semarang.

“Mohon maaf saya lagi flu berat,” kata Tjahjo di acara Musrenbang di Semarang dikutip dari keterangan resminya, Minggu (11/2/2018).

Tjahjo lantas bercerita bahwa dirinya memiliki ‘vitamin’ yang dapat dijadikan untuk membuat cepat sehat.

“Vitamin saya itu minimal sehari tujuh cangkir kopi pahit. Vitamin lainnya dua hari sekali harus makan sate kambing atau sop kambing,” katanya.

Sebenarnya, kata Tjahjo sop kambing dan sate kambing tidak disarankan oleh dokter saat dirinya memeriksakan diri.

“Pak Tjahjo hampir 60 tahun enggak boleh makan kambing. Nanti tensinya malah naik. Di tambah duren petruk juga,” kata Tjahjo menirikan ucapan dokter.

Tentu, semua yang hadir di acara Musrenbang tergelak mendengar vitamin ala Mendagri. Ternyata juga, sebelum ke Semarang, Tjahjo datang dulu ke Batam, Kepulauan Riau untuk menghadiri acara rapat koordinasi nasional kependudukan dan pencatatan sipil 2018. Ketika pergi ke Batam pun, kondisi tubuh Tjahjo tidak dalam keadaan bugar.(bisnis.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *