Tjahjo Kumolo

Kisah Cinta Tjahjo Kumolo, Bersemi Sejak Bangku SMP

Saya senyum-senyum sendiri membaca pesan Pak Tjahjo yang berisi kisah cintanya dengan sang istri. Romantis juga. Bahkan sangat romantis. Mirip kisah di sinetron atau novel cinta. Mengharukan. Sekaligus juga bikin kagum.

Bagaimana tidak, istrinya Erni Guntarti, ternyata cinta pertama Pak Tjahjo. Rasa cinta Pak Tjahjo, mulai mekar tumbuh di bangku SMP. Ya, kata orang, cinta anak SMP, adalah cinta monyet. Biasanya, cinta monyet itu jarang yang langgeng. Selalu kandas dan tak awet. Lulus SMP, lalu masuk SMA, cinta berganti lagi. Begitulah yang biasa terjadi. Saya salah satu contohnya. Cinta monyet di SMP kandas ketika sudah masuk SMA.

” Istri saya pacar pertama saya sejak kelas 1 SMP Negeri IV Semarang. Sebangku,” begitu sepenggal pesan Pak Tjahjo tentang kisah cintanya itu.

Via WhatsApp, Pak Tjahjo juga bercerita, jika ia dan istrinya selepas lulus SMP, kembali satu sekolah di SMA yang sama. Tidak hanya, saat lulus SMA pun, melanjutkan kuliah di universitas yang sama yakni Universitas Diponegoro. Hanya saja, beda jurusan. Pak Tjahjo sendiri memilih jurusan hukum. Sementara istrinya Erni Guntarti masuk fakultas kedokteran.

Cinta yang bersemi sejak bangku SMP itu pun tak pernah padam. Sampai akhirnya keduanya memutuskan menikah. Dari pernikahan itu lahir dua orang putri dan satu putra. Mereka adalah Rahajeng Widyaswari, Karunia Putripari Cendana dan Arjuna Cakra Candasa. Semoga langgeng Pak sampai akhir hayat. (Agus S / Kumparan)

Foto: JPNN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *