Tjahjo Kumolo

Ketika Penjual Es Kelapa Kaget Didatangi Mendagri

Klaten – Usai menjadi inspektur upacara apel pagi di alun-alun Kabupaten Klaten, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo diajak Plt Bupati Klaten, Sri Mulyani ke rumah dinasnya untuk ramah tamah dan dijamu makan.

Tengkleng, sate kambing, dan sop ayam kampung jadi menu yang disajikan menjamu menteri. Selesai makan dan ramah tamah, rombongan Mendgari kembali berangkat menuju Yogyakarta. Di kota Gudeg itu, ia punya agenda memberi pengarahan kepada seluruh SKPD se-kota Yogyakarta.

Tapi di tengah jalan, Rizki, salah satu staf Humas Kemendagri memberi tahu bahwa Menteri Tjahjo mau berhenti dulu. Katanya, mau cari penjual es kelapa. Rombongan mobil menteri yang dikawal mobil Patwal polisi pun melaju tak terlalu kencang. Tidak berapa lama, terlihat mobil Patwal menepi ke kiri jalan. Rupanya, penjual es kelapa sudah ditemukan. Di depan warung, sebuah bangunan sederhana berdinding kayu, tampak onggokan butir kelapa hijau.

Dari kaca mobil, saya lihat penjual es kelapa, seorang bapak tua sedang duduk termangu. Namun, saat Menteri Tjahjo sudah turun dari mobil dan memasuki warung es kelapanya, baru ia berjingkat. Dari sisi warung, seorang wanita datang tergopoh-gopoh masuk ke dalam warung.

Saya pun ikut keluar dari mobil yang diparkir tepat di belakang mobil Mendagri. Terdengar wanita yang tadi menghampiri dengan tergopoh-gopoh memberi tahu lelaki tua penjual es kelapa. “Pak, pak ini Pak Menteri, ini Pak Menteri,” ujarnya dengan nafas terengah-engah dan juga wajah kaget.

“Iya, ini Pak menteri,” jawab Pak tua penjual es kelapa.

Setelah masuk warung es kepala Menteri Tjahjo langsung duduk di kursi plastik. Di depannya, Pak tua penjual es kelapa sigap mengupas butir kelapa muda hijau. “Haus Pak,” kata Menteri Tjahjo.

Sementara yang lain, memilih duduk di sebelah warung. Ada meja kayu dan kursi plastik. Tampak Menteri Tjahjo asik ngobrol dengan Pak tua penjual es kelapa. Entah, apa yang diobrolkan. Begitu kelapa selesai dikupas, Menteri Tjahjo langsung menyeruputnya pakai sedotan. Bahkan, ia terlihat menenggaknya. Mungkin air kelapa sudah mau habis.

Wanita yang tadi tergopoh-gopoh, tak kalah sibuk, mengantarkan setiap butir kelapa yang sudah dikupas ujungnya. Saya kebagian satu butir. Sangat menyegarkan begitu diseruput. Apalagi, hawa siang lumayan menyengat. Sementara di jalanan, arus kendaraan tampak padat.
Tidak berapa lama, Menteri Tjahjo datang menghampiri. Ia lantas duduk di kursi plastik dekat meja kayu, tak jauh dari dua polisi yang mengawalnya.”Tadi makan daging kambing, agak pusing. Ini untuk netralisir,” katanya.

“Tadi juga ada tengklengnya pan enak, “kata seorang polisi yang duduk dekat Menteri Tjahjo.

“Iya tadi saya juga makan,” kata Menteri Tjahjo.

Karena memburu waktu solat Jumat, rombongan menteri hanya sebentar singgah di warung es kelapa tersebut. Sebelum pergi, Menteri Tjahjo sempat foto bareng bersama penjual es dan wanita yang datang tergopoh-gopoh. Dari sejak Menteri Tjahjo masuk warung, wanita itu memang heboh sendiri. “Kira-kira boleh foto dengan Pak Menteri enggak ya?” tanyanya pada kami. (Agus S/Kumparan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *