Tjahjo Kumolo

Kepala Daerah dan DPR Bisa Meminimalisasi Korupsi di Daerah

Jakarta – Kepala dan wakil kepala daerah serta jajaran DPRD dapat meminimalisasi korupsi di daerah dengan cara mendorong keterbukaan pengelolaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

“Transparansi dalam perencanaan maupun pelaksanaan anggaran daerah itu penting. Lebih baik lagi jika diatur dalam regulasi daerah,” kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo saat dihubungi, Kamis (17/1).

Menurutnya, perlu dibangun pola hubungan kerja antara unsur penyelenggara pemerintah daerah (pemda) dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP)

Berikutnya yaitu menguatkan peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP). “Kapasitas ASN (Aparatur Sipil Negar) dalam mengelola keuangan daerah supaya lebih akuntabel juga perlu ditingkatkan,” ujarnya,

Ia mengungkapkan, Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) telah melakukan berbagai upaya pencegahan korupsi. Pertama, penguatan peran gubernur sebagai wakil pemerintah pusat. Secara khusus saat melakukan evaluasi dan pendampingan terhadap dokumen anggaran daerah.

Kedua, membangun sinergitas APIP dan aparat penegak hukum dalam perencanaan dan pelaksanaan APBD. Ketiga, pelibatan masyarakat untuk mengawasi dan memberikan data informasi. “Tentu yang terkait potensi penyalahgunaan pelaksanaan program/ kegiatan yang bersumber dari anggaran daerah,” ucapnya.

Tjahjo menjelaskan, banyaknya korupsi yang diungkap merupakan sebagai keberhasilan. Sepanjang dipandang dari sisi penanggulangan korupsi. Sebab, penindakan korupsi menunjukkan semakin kuatnya penegakan hukum.

Dikatakan, ASN dan elemen masyarakat memiliki kesadaran melaporkan menyampaikan informasi potensi penyalahgunaan kewenangan anggaran oknum elite daerah.

Dengan begitu, APIP serta APH menjadi dimudahkan dalam melaksanakan pencegahan atau penindakan korupsi. “Pengelola program atau kegiatan anggaran akan semakin berhati-hati, sehingga lebih akuntabel,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.