Tjahjo Kumolo

Kemendagri RI Siap Sinergi Dengan KPU RI Perbaiki DPT Pemilu 2019

JAKARTA – Mendagri RI Tjahjo Kumolo menyatakan masalah data pemilih tetap atau DPT masih menjadi kendala utama Pemilu 2019. Karena itu, pihaknya mengaku siap membantu KPU RI dalam menyelesaikan persoalan tersebut.

“Kemendagri sangat mendukung langkah KPU memperbaiki DPT bermasalah. Kemendagri siap membantu dalam dukungan data maupun sumber daya yang siap bergerak menyelesaikan permasalahan DPT itu,” kata Tjahjo di Atambua, Belu, Rabu (19/9/2018).

Dalam rangka perbaikan DPT, sesuai dengan Pasal 201 ayat 8 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu disebutkan bahwa pemerintah memberikan data kependudukan yang dikonsolidasikan setiap 6 bulan kepada KPU RI sebagai bahan tambahan dalam pemutakhiran data pemilih.

Bekas Sekjen PDI Perjuangan ini lantas kembali menegaskan, bahwa kementeriannya serius ingin membantu KPU RI menyelesaikan permasalahan DPT selama 60 hari ke depan dan menyerahkan data-data yang diperlukan.

“Kemendagri sangat serius membantu KPU, kita akan bersama-bersama menyelesaikan permasalahan dan mencari solusi bersama sampai 60 hari ke depan,” tambah Tjahjo.

Diakui dia, pihaknya telah memerintahkan kepada seluruh jajaran Kemendagri RI dan pemerintah mulai dari Gubernur, Bupati/Walikota sampai Kepala Desa agar ikut serta menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2019.

“Saya sudah mengintruksikan semua jajaran sampai ke tingkat desa untuk menyukseskan Pemilu 2019. Masyarakat harus pro aktif memperbaiki data kependudukan. Langkah KPU RI menempel DPT di Kelurahan dan website harus kita dukung bersama,” tandas Mendagri RI Tjahjo Kumolo. (TimesIndonesia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *