Tjahjo Kumolo

Kemdagri Targetkan E-Voting Digunakan Pada Pilkada Serentak 2018

20140919150514104[JAKARTA] Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) menargetkan pemungutan suara secara elektronik atau e-voting pada pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahap ketiga Juni 2018. Karena itulah, Kemdagri terus menyelesaikan data ganda kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el).

 

 

“Target kami maksimum di pilkada serentak 2018, kita sudah mulai mencoba e-voting,” kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo saat bertemu penulis Jaya Suprana di ruang kerja Mendagri, Gedung Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri), Jakarta, Selasa (14/7).

 

 

Dia mengungkapkan, warga negara Indonesia (WNI) yang telah mendapatkan KTP-el, mencapai 172 juta orang. “KTP-el ini nyawa masyarakat kita. Per hari ini yang terdata di Kemdagri sudah mencapai 172 juta orang memiliki KTP-el,” ungkapnya.

 

 

Pada Desember lalu, dia menyatakan, proses pencetakan KTP-el memang dihentikan sementara. Namun, lanjutnya, saat ini pencetakan dilanjutkan kembali.

 

 

“Bulan Desember kami stop dulu. Dalam satu bulan saat kita hentikan, ditemukan satu juta data ganda. Untuk data mata dan sidik jari ada dua sampai tiga KTP-el yang sama,” ujarnya.

 

 

Pada bagian lain, dia menjelaskan, pihaknya telah bekerjasama dengan berbagai instansi. “190-an instansi mulai perbankan, kepolisian, lembaga-lembaga swasta pakai data kami (KTP-el). Nanti seperti Amerika Serikat, orang mencuri pasti cepat ditangkap,” katanya. [C-6/N-6]

 

Sumber: beritasatu.com, Selasa, 14 Juli 2015 | 18:18

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.