Tjahjo Kumolo

Ini Komentar Mendagri soal Terpilihnya Komisioner KPU-Bawaslu

Tjahjo-Kumolo

JAKARTA – Komisi II DPR telah menggelar uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test, dan hasilnya tujuh Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan lima Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) telah terpilih.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengapresiasi terpilihnya nama-nama tersebut. Apalagi Komisi II DPR telah tancap gas untuk bisa menyelesaikan fit and propertest tersebut.

“Terpilihnya nama tersebut pemerintah ikut saja sebagaimana keputusan secara demokratis dan fair,” ujar Tjhajo dalam keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com, Rabu (5/4).

Siapapun yang terpilih menurut mantan anggota Komisi I DPR akan mampu melaksanakan tugasnya, seperti dalam upaya mewujudkan pemilu yang demokratis.

Tjahjo mendapatkan informasi bahwa tujuh Komisioner KPU dan lima Komisioner Bawaslu tersebut akan dilantik pada 12 April 2017 mendatang, sebagaimana batas waktu keanggotaan dua lembaga tersebut.

“Dalam hal ini pemerintah siap melantik,” pungkasnya.

Sekadar informasi, seleksi anggota KPU dan Bawaslu digelar usai uji kelayakan dan kepatuhan sejak Senin (3/4). Pemilihan tersebut dilakukan lewat mekanisme pengambilan suara terbanyak atau voting. Berikut ini nama-nama terpilih.

Tujuh nama komisioner KPU terpilih:
1. Pramono Ubaid Tanthowi 55 suara
2. Wahyu Setiawan 55 suara
3. Ilham Saputra 54 suara
4. Hasyim Asy’ari 54 suara
5. Viryan 52 suara
6. Evi Novida Ginting Manik 48 suara
7. Arief Budiman 30 suara

Lima nama komisioner Bawaslu terpilih:
1. Ratna Dewi Pettalolo 54 suara
2. Mochammad Afifuddin 52 suara
3. Rahmat Bagja 51 suara
4. Abhan 34 suara
5. Fritz Edward Siregar 33 suara. (Fajar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *