Tjahjo Kumolo

E-KTP Tercecer dan Gudang Kemendagri, Penjelasan Singkat Mendagri

Penjelasan singkat:

Gudang Kemendagri di Bogor berisi bermacam-macam barang yang tidak terpakai, arsip-arsip serta blanko e-KTP yang salah cetak, sejak sebelum saya menjadi Mendagri sampai sekarang.

Selama ini, e-KTP yang salah cetak tidak langsung digunting atau dimusnahkan tetapi disimpan, seandainya diperlukan sebagai barang bukti KPK yang sedang proses kasus e-KTP. Jumlah e-KTP yang salah cetak terdata jumlahnya.

Hanya saja terjadi kelalaian petugas saat membawa 2 kardus e-KTP yang salah cetak ketika dibawa ke gudang Kemendagri di Bogor. E-KTP salah cetak tersebut diangkut dengan mobil bak terbuka, harusnya mobil box tertutup, sehingga terjatuh. Semua sudah dicek polisi. Blanko e-KTP asli yang belum proses ada di gudang Kemendagri Pasar Minggu.

Demikian penjelasan saya. Saya bertanggung jawab penuh atas tercecernya kardus yang bersisi e-KTP rusak tersebut karena ketidak hati-hatian petugas. Saya memerintahkan kalau salah cetak dan harus diganti blanko, sebaiknya blanko yang salah, atau yang sudah lewat tahun, digunting saja sehingga tidak bisa disalahgunakan, dengan disertai berita acara dimusnahkan.

Demikian. Terimakasih masukan dan infonya.

Tjahjo Kumolo, Mendagri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *