Tjahjo Kumolo

DPD-FPDIP Komitmen Perkuat Otonomi Daerah

JAKARTA – Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (FPDIP) DPR berkomitmen untuk terus mendukung peningkatan otonomi daerah. Mereka menyadari bahwa otonomi daerah pasca- Reformasi belum membuahkan hasil sempurna, tetapi bukan berarti harus menyalahkan keputusan tersebut.

“Kami tadi antara DPD dan FPDIP berbicara banyak hal, khususnya mengenai peningkatan pembangunan daerah setelah kita gunakan sistem otonomi daerah,” kata Ketua DPD Irman Gusman saat konferensi pers bersama Ketua FPDIP Tjahjo Kumolo di Gedung DPR/DPD, Jakarta, kemarin. Jajaran pimpinan DPD kemarin mengadakan pertemuan tertutup dengan jajaran pimpinan FPDIP.

Dalam pembicaraan yang berlangsung sekitar dua jam itu, selain membicarakan penguatan otonomi daerah juga membahas berbagai isu terkini seperti janji Presiden SBY melakukan kaji ulang atas kontrak dengan perusahaan asing. Irman mengungkapkan, untuk memperkuat daerah sangat diperlukan keterlibatan DPD dalam politik legislasi.

DPD, kata dia,harus diberikan ruang untuk ikut memberikan sumbangsih dalam pembahasan RUU yang menyangkut kepentingan daerah. Ada beberapa RUU yang DPD berkepentingan dan merasa perlu dilibatkan seperti revisi UU Pemerintahan Daerah, RUU Desa,RUU Pilkada, dan revisi UU Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah.

Ketua FPDIP Tjahjo Kumolo juga mengungkapkan pentingnya menjalin komunikasi intensif dengan DPD. “Ini tentunya penting kita lakukan dalam rangka kita memperkuat sistem presidensial kita. Lembaga parlemen harus juga diperkuat, ini yang kita lakukan,” ungkapnya.

Sumber: Seputar Indonesia, Rabu, 8 juni 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.