Tjahjo Kumolo

Diplomasi Internasional Jokowi untuk Menggelorakan Kembali Indonesia

Jokowi pake betawi1)Agenda Ibu Megawati Soekarnoputri dan Bapak Joko Widodo pd hari ini sebagai bagian dari diplomasi  internasional Pak Jokowi dengan bertemu sahabat lama Tun Dr. Mahathir Mohamad.

2)Pertemuan kemudian dilanjutkan dengan  makan malam dengan para duta besar negara Amerika Serikat, Norwegia, dan beberapa negara Eropa Barat lainnya. Pertemuan ini sangat penting, mengingat salah satu agenda PDI Perjuangan sekiranya dipercaya rakyat dengan memenangkan pilpres yang akan datang adalah mengelorakan kembali kepemimpinan Indonesia sesuai dengan prinsip kemanusiaan atau internasionalisme. Kepemimpinan Indonesia sebagaimana terjadi tahun 1955 menjadi inspirasi bagi kebijakan politik luar negeri Pak Jokowi. Pertemuan tersebut dilaksanakan dalam suasana yang akrab. Selain membahas beberapa hal strategis tersebut, dengan fasih Ibu Megawati memberikan penjelasan tentang keanekaragaman kekayaan Indonesia, termasuk wisata kulinernya yang luar biasa.

3)Pada kesempatan tersebut Pak Jokowi juga memberikan penjelasan terkait dengan hasil survey dimana lebih dari 70% masyarakat DKI melihat bahwa pencapresan Pak Jokowi sebagai bagian dari solusi DKI.

4)Makan malam tersebut TIDAK  membahas tentang cawapres. Pembahasan Cawapres merupakan mekanisme internal, dan hal tersebut dilakukan dengan pertimbangan seksama guna mencari pasangan terbaik bagi Indonesia Raya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.